SOLOPOS.COM - Walikota Solo, Joko Widodo berbincang dengan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Raja Sapta Oktohari (kiri) di Loji Gandrung, Solo, beberapa waktu lalu. Saat itu Hipmi menyatakan mendukung rencana pengembangan mobil Esemka. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Walikota Solo, Joko Widodo berbincang dengan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Raja Sapta Oktohari (kiri) di Loji Gandrung, Solo, beberapa waktu lalu. Saat itu Hipmi menyatakan mendukung rencana pengembangan mobil Esemka. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

JAKARTA – Panggung pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta terlah berlangsung. Berdasarkan perhitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama terpilih sebagai pemimpin baru Jakarta. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menaruh harapan terhadap calon pemimpin baru Jakarta. Berikut kutipan wawancara Bisnis dengan Ketua Umum Hipmi, Raja Sapta Oktohari :

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

HIPMI berkomitmen mendukung produksi mobil nasional buatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bagaimana kelanjutannya ?

Perjuangan kami untuk membangun kemandirian bangsa melalui produksi mobil nasional buatan anak SMK belum selesai. Cita-cita tersebut terus kami usung agar berhasil. Apalagi melihat kompetisi industri otomotif nasional ke depan kian marak, rasanya perlu ada produk anak negeri yang dapat dibanggakan untuk menyemarakan persaingan tersebut.

Salah satu tokoh di balik kemunculan Esemka adalah Jokowi. Apakah rencana ini terus berjalan ?

Secara pribadi, saya pernah menyampaikan kepada beliau [Jokowi] terkait kelanjutan mobil Esemka ini. Saat itu memang beliau masih sibuk dengan pemilihan gubernur DKI Jakarta. Tentu itu adalah hak pribadi beliau. Namun, sampai saat ini komitmen beliau belum berubah dan menyatakan kesiapannya mendukung kelanjutan mobil Esemka. Jadi atau tidak jadi Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta, pengambangan mobil SMK ini harus terus berjalan.

Yakin mobil Esemka mampu bersaing dengan produk lainnya ?

Ada kabar menggembirakan bahwa akan datang investasi baru di bidang otomotif, terutama dari pabrikan mobil India. Tentu ini menunjukan iklim positif bagi investasi Indonesia. Akan tetapi, secara tidak langsung rencana investasi tersebut juga menjadi sentilan kepada pemerintah.

Sentilan seperti apa?

Pemerintah membuka ruang investasi, termasuk kepada industri otomotif India untuk membangun pabrik di Tanah Air. Kita tahu, India juga menjadi salah satu pesaing bisnis kita. Jangan sampai kehadiran ini justru membuat semangat membangun industri otomotif nasional menjadi lesu. Kami ingin, industri otomotif nasional jangan dianaktirikan.

Target pengembangan mobil Esemka ke depan?

Rencananya pasar mobil Esemka akan menjangkau seluruh Indonesia, termasuk industrinya. Nantinya, secara seporadis semua SMK di Tanah Air akan dilibatkan memproduksi item, komponen, maupun teknologi apapun untuk kebutuhan mobil SMK. Dengan harga yang murah, pasar mobil ini juga tak hanya menjangkau wilayah Jawa tapi juga harus sampai luar Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya