SOLOPOS.COM - Ilustrasi isi BBM. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah mobil disel berbahan bakar solar yang irit BBM. Apa sajakah, simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Kendaraan roda empat yang hemat pemakaian BBM dan murah perawatan tentu sangat diminati saat ini. Terlebih ketika harga bahan bakar terus naik, sehingga produsen mobil harus berinovasi untuk membuat mobil paling irit BBM di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak hanya untuk mobil berbahan bakar bensin saja, bagi kamu yang mencari mobil disel terbaik tentu butuh juga rekomendasi mobil paling irit solar.

Baca Juga: Tips Memilih Mobil Irit BBM agar Isi Kantong Aman hingga Akhir Bulan

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut ini beberapa rekomendasi mobil disel irit solar seperti dikutip dari duitpintar.com pada Jumat (14/10/2022):

1. Renault Duster  (24 km/liter )

Renault Duster jadi kandidat pertama dalam urutan 10 mobil paling irit BBM di Indonesia.  Jenis mobil SUV ini dibekali mesin bertenaga 1500 cc, dan konsumsi bahan bakarnya sekitar 1 liter untuk jarak 24 km.

Dengan keunggulannya tersebut, Renault Duster menjadi salah satu mobil SUV paling irit dan terbaik di kelasnya yang bisa kamu di pasar otomotif Indonesia.

2. Toyota Fortuner Disel  (20 km/liter)

Toyota Fortuner Diesel memang bertubuh besar dengan mesin baru sebesar 2.800 cc dan mampu mencapai tenaga puncak di 201,1 dan torsinya sebesar 499,1 Nm.

Meski begitu, Fortuner ini jadi mobil paling irit solar. Konsumsi BBM Toyota Fortuner berada di kisaran 20 km/l ketika melaju di jalur bebas hambatan.

Baca Juga: Mobil Paling Irit Bensin di Indonesia, Cocok untuk Menghemat Pengeluaran Nih!

3. Toyota Kijang Innova Disel (12,5 km/liter)

Toyota Kijang Innova Diesel disematkan mesin berkapasitas 2.400 cc dan tenaga puncaknya hingga 146,9 hp dan torsi puncak 359,9 Nm.  Mobil jenis MPV ini pun terkenal irit bahan bakar yaitu 12,5 km/liter ketika digunakan di dalam kota.

Sedangkan pada saat jalanan tidak macet dan bebas hambatan, konsumsi BBM jauh lebih irit yaitu berkisar 17,8 km/liter. Makanya wajar jika namanya masuk dalam daftar mobil diesel paling irit BBM.

4. DFSK Super Cab  (16,19 km/liter)

Mobil jenis pick up varian 1,5 ini bisa menembus 13.59 km/liter, bahkan untuk varian 1.3 Diesel Turbo bisa mencapai 16.19 km/liter.  Pengujian tersebut dilakukan langsung oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Oleh karenanya, DFSK bisa jadi salah satu mobil diesel paling irit BBM ditambah mampu menampung atau mengangkat barang hingga berat 1 ton.

5. Toyota Hilux  (21,1 km/liter)

Toyota Hilux juga merupakan mobil double cabin yang mengandalkan mesin GD-series tipe 2GD-FTV berkapasitas 2.4 liter, baik untuk varian 4X4 maupun 4×2.

Baca Juga: Tips Memilih Helm Standar dan Nyaman Dipakai

Perbedaan keduanya adalah pada jenis 4×4 tenaga yang dihasilkan sampai 149,6 PS dengan torsi maksimum 40,8 kgm.  Sedangkan pada varian 4×2 bisa mencapai 149,6 PS dengan torsi maksimum 35 kgm. Keduanya sangat efisien, dan konsumsi bahan bakarnya mencapai 21,1 km per liter pada kecepatan 80 kpj.

6. Chevrolet Spin Disel  (20 km/liter)

Mobil bahan bakar solar paling irit BBM selanjutnya dari segmen Low MPV yaitu Chevrolet Spin Diesel. Mobil yang diluncurkan pada 2013 dan kemudian disuntik mati pada 2015 ini jadi mobil paling irit solar.

MPV ini menggendong mesin 1.248 cc dengan teknologi common rail direct injection dan turbocharger. Torsi yang dihasilkan sebesar 190 Nm pada 1.750 rpm dan tenaga maksimal 73 HP pada 4.000 rpm.

Baca Juga: Para Bikers Perlu Tahu, Ini Tips Hemat BBM untuk Sepeda Motor

Mobil yang bisa kamu cari di bursa mobil bekas ini, konsumsi bahan bakarnya mencapai 20 km per liter. Sayangnya, memang mobil keluarga paling irit BBM ini sudah tidak lagi keluarkan model terbarunya.
Tabel daftar konsumsi BBM mobil paling irit 2022.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya