SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin mobil. (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Mobil digas mati bisa disebabkan oleh berbagai masalah. Di antaranya masalah bahan bakar, sistem listrik, mesin, overheating, dan sistem starter.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memperkirakan penyebab mobil digas dan mesninnya tiba-tiba mati sehingga tak perlu panik dan bisa mengambil tindakan yang benar.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

 

Berikut ini adalah 5 penyebab umum mobil digas mati yang perlu diketahui oleh pengemudi, seperti dikutip dari Doktermobil.

 

  1. Masalah bahan bakar

Salah satu penyebab mobil digas mati paling umum adalah masalah bahan bakar. Hal ini bisa terjadi jika mobil kehabisan bahan bakar atau ada masalah pada sistem bahan bakar seperti pompa bahan bakar atau filter bahan bakar yang tersumbat.

Jika mobil kamu mogok karena masalah bahan bakar, pastikan untuk mengecek level bahan bakar terlebih dahulu. Jika level bahan bakar cukup, periksa sistem bahan bakar untuk mencari masalah yang mungkin terjadi. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat jika kamu tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan.

 

  1. Masalah sistem listrik

Masalah pada sistem listrik juga bisa menyebabkan mobil mogok. Beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah mobil digas mati ini adalah aki yang lemah atau mati, kabel busi yang rusak, atau alternator yang bermasalah. Jika mobil kamu tidak bisa dinyalakan atau mati tiba-tiba ketika sedang berjalan, periksa terlebih dahulu sistem listriknya. Pastikan aki dalam kondisi yang baik, kabel busi tidak rusak, dan alternator berfungsi dengan baik. Jika diperlukan, bawa mobil ke bengkel untuk memeriksanya.

 

  1. Masalah mesin

Masalah pada mesin juga bisa menjadi penyebab mobil mati tiba-tiba. Beberapa masalah mesin yang umum adalah busi yang rusak, kopling yang aus, atau sensor mesin yang bermasalah. Jika mobil kamu mati karena masalah mesin, pastikan untuk mengecek kondisi busi dan kopling. Jika keduanya dalam kondisi baik, periksa sensor mesin untuk mencari masalah yang mungkin terjadi.

 

  1. Overheating

Overheating atau kelebihan panas pada mesin juga bisa menyebabkan mobil digas mati. Hal ini biasanya terjadi jika mobil terlalu lama berjalan atau mesin tidak mendapatkan cukup pendingin udara. Jika mobil Anda mati karena overheating, pastikan untuk menghentikan mobil segera dan mematikan mesin.

Biarkan mesin dingin selama beberapa menit sebelum membuka kap mesin dan memeriksa level cairan pendingin. Jika level cairan pendingin rendah, tambahkan cairan pendingin sebelum melanjutkan perjalanan.

 

  1. Masalah pada sistem starter

Masalah pada sistem starter juga bisa menyebabkan mobil digas mati. Hal ini biasanya terjadi ketika sistem starter mengalami kerusakan atau terdapat masalah pada kabel starter. Jika mobil kamu mati karena masalah pada sistem starter, pastikan untuk memeriksa kabel starter terlebih dahulu. Jika kabel starter tidak bermasalah, kemungkinan besar sistem starter perlu diganti. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki masalah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya