SOLOPOS.COM - Datsun Go versi Rally (Istimewa)

Mobil Datsun Go versi reli jadi melunturkan stigma mobil murah.

Solopos.com, JOHANNESBERG  Di Indonesia, mobil Datsun Go dikenal sebagai lini mobil murah di bawah naungan Nissan. Akan tetapi di Afrika Selatan (Afsel), stigma itu sirna setelah sosok Datsun Go versi reli menampakkan diri.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Setelah mengadakan kontes modifikasi digital Datsun Go Explore Your Style, Datsun mengajak pemenang dari Indonesia bertemu dengan mobil Datsun Go Rally di Afsel. Mobil itu merupakan hasil modifikasi oleh 30 sukarelawan yang terpilih memanfaatkan pusat pengembangan Nissan Techical Centre di Jepang selama enam bulan.

Seperti dilansir laman Okezone, Selasa (7/7/2015), mobil Datsun Go Rally hasil modifikasi itu benar-benar memenuhi standar mobil reli. Hal itu terbukti setelah mobil hatchback murah itu menaklukkan trek Gerotek di Pretoria, Afsel, yakni salah satu trek populer di dunia yang kerap digunakan untuk menguji performa mobil.

Kendati hanya duduk mendampingi pembalap Jacks Jacob yang memompa performa maksimal Datsun Go Rally, salah satu pemenang kontes, Ardhyaska Amy, mengaku takjub.

“Asyik banget, buas ternyata,” ujar Amy sambil gemetaran.

Sekilas, Datsun Go Rally tidak memiliki perbedaan bentuk dari Datsun Go versi standar. Perbedaan pada tampilan luar hanya terdapat pada bodi yang dicat dengan perpaduan warna biru dan merah.

Untuk memperkuat kaki-kaki serta manambah aura sporty, pelek kaleng 13 inci diganti dengan pelek 16 inci berbalut warna putih besutan Enkei yang dipasangkan dengan rem cakram lebar dan kaliper rem racikan Endless. Sektor suspensi juga menggunakan produk Ohlins yang dapat diatur tingkat ketinggian dan kekerasannya.

Data resmi Datsun Afsel yang dilansir laman Rushlane, Jumat (3/7/2015), menyebutkan bahwa struktur bodi mobil Datsun Go Rally telah ditingkatkan serta ditambahkan besi roll cage layaknya mobil reli sungguhan. Untuk mengurangi turbulensi di buritan, roof spoiler standar sengaja tidak dicopot.

Melongok ke jantung mekanisnya, ternyata mesin HE12DE 1.200 cc bawaan pabrik telah mengalami peningkatan tenaga. Sedangkan rasio transmisi juga diperpendek sehingga respon tarikan mesinnya lebih galak. Kendati makin buas, sopir dan penumpang depan tetap aman berkat diaplikasikannya sabuk pengaman empat titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya