SOLOPOS.COM - Daihatsu Sigra di pameran GIIAS 2016. (Twitter.com)

Mobil Daihatsu paling laris sepanjang tahun 2016 ini masih Xenia.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) , selaku agen pemegang merek mobil Daihatsu, memang baru saja meluncurkan produk barunya, yakni Daihatsu Sigra. Meski demikian, penjualan mobil low cost green car (LCGC) jenis multi purpose vehicle (MPV) dengan kapasitas tujuh penumpang itu belum mampu menggeser dominasi mobil MPV lainnya, Xenia, pada bursa mobil Daihatsu sepanjang tahun 2016 ini.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Pada Selasa (15/11/2016), PT ADM melaporkan hasil penjualan produknya sepanjang Januari-Oktober 2016. Dalam laporan itu disebutkan selama kurun 2016 ini, penjualan Daihatsu berhasil menembus angka 150.000 unit, baik dari segi wholesales maupun retail atau eceran.

Di penjualan wholesales, Daihatsu mampu mencatatkan angka penjualan sekitar 153.114 unit atau naik 9% dibanding periode yang sama pada 2015 lalu, yakni 140.723 unit. Sementara itu, untuk penjualan retail, Daihatsu mampu mencapai 152.440 unit atau naik 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sebesar 137.172 unit.

Dari seluruh penjualan mobil Daihatsu itu, kontribusi terbesar tetap berasal dari mobil jenis MPV Xenia, disusul dengan mobil LCGC jenis hatchback, Ayla, dan Gran Max Pick Up. Sementara mobil MPV LCGC, Sigra, yang baru diluncurkan Agustus lalu hanya menempati posisi keempat.

Padahal sebelumnya Sigra diklaim bakal menggeser dominasi Xenia dalam bursa mobil Daihatsu. Hal ini tak lain karena harga Sigra yang jauh lebih murah dibanding Xenia.

Kenyataan sepanjang tahun 2016 ini, penjualan Xenia masih tetap yang tertinggi, mencapai 36.587 unit dari segi wholesale dan 38.354 unit pada penjualan retail. Jumlah ini lebih banyak dua kali lipat dari penjualan Sigra yang masih berada di angka 19.778 unit pada segi wholesales dan 14.716 unit pada penjualan eceran.

Kendati demikian, Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, tetap puas dengan hasil penjualan Sigra. Hal ini tak lain karena sejak diluncurkan awal Agustus lalu, Sigra sudah bisa menjadi kontributor utama penjualan mobil Daihatsu. “Kinerja penjualan Daihatsu terus meningkat. Kami optimistis Daihatsu dapat mencapai target penjualan hingga akhir tahun 2016,” tulis Amelia dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Selasa sore.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya