SOLOPOS.COM - Chevrolet Cruze hatchback. (Paultan.org)

Mobil Chevrolet Cruze meluncur perdana di AS pekan depan.

Solopos.com, DETROIT –  Selain meluncurkan Bolt, Chevrolet masih punya satu hatchback lain yang diberi nama Cruze. Mobil itu termasuk unik, sebab meski berwujud hatchback, dimensi mobil asal Amerika Serikat itu lebih menyerupai sebuah mobil sedan.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Umumnya sedan tercipta dari dua cara, yakni menciptakan sasis sedan asli yang panjang atau mengembangkan dari sasis mobil hatchback. Hal itu seperti yang dilakukan Honda saat “memanjangkan” Jazz hingga terlahir City sebagai small sedan.

Tetapi Chevrolet justru melakukan hal sebaliknya. Pabrikan yang bermarkas di Detroit, AS, itu menciptakan hatchback Cruze dari sasis Cruze versi big sedan. Alhasil jarak sumbu roda (wheelbase) keduanya sama persis, yakni 2.700 mm.

Dilaporkan laman Paultan, Jumat (8/1/2016), General Motors (GM) selaku induk Chevrolet juga mengklaim mobil dengan mesin 1.400 cc turbocharger itu sebagai hatchback terpanjang yang ada saat ini.

Akibat dimensi yang panjang, Chevrolet Cruze dipastikan memiliki ruang kabin sangat luas. Ruang bagasinya pun menjadi yang paling lega di kelasnya, yakni mencapai 524 liter. Kapasitas itu bisa bertambah menjadi 1.124 liter jika jok tengah dilipat.

Tetapi kabar buruknya, dengan wheelbase sepanjang itu, Cruze dipastikan akan kesulitan bermanuver jika ingin parkir di tempat sempit.

Dikutip Solopos.com dari laman Leftlanenews, mobil Chevrole Cruze hatchback dijadwalkan meluncur perdana lewat pameran otomotif Detroit Auto Show 2016 yang digelar Senin (11/1/2016) besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya