SOLOPOS.COM - Daihatsu Grand Max, salah satu mobil dengan pintu geser (JIBI/Harian Jogja/Garth Antaqona)

Daihatsu Grand Max, salah satu mobil dengan pintu geser (JIBI/Harian Jogja/Garth Antaqona)

Mobil dengan desain pintu geser atau sliding door yang kini jadi tren pabrikan perusahaan otomotif ternyata tak hanya diciptakan untuk memenuhi tuntutan tampilan desain mobil yang modis atau lux.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Khusus wilayah perkotaan dengan area parkir yang sempit, mobil dengan pintu geser ini punya manfaat lebih.

Karena itu, saat ini semakin banyak produsen yang mengeluarkan mobil dengan intu geser. Toyota dengan Alphard di lini mobil kelas premium, Honda dengan Freed, Suzuki dengan Every, Daihatsu hadir dengan Gran Max, KIA dengan Carnival, Nissan dengan Serena dan yang terbaru yakni Nissan Evalia.

Kepala Bengkel Diler Resmi Toyota Nasmoco Janti, Jogja, Nyoman Chandra Dana, Minggu (17/6) mengatakan, mobil dengan pintu geser sangat praktis digunakan. Pemilik mobil hanya tinggal menggeser pintunya kesamping sehingga tak memakan banyak ruang seperti saat membuka pintu mobil desain biasa.

Karena itu pula, area parkir yang sempit atau khawatir bila pintu mobil mengenai pengendara lain yang lewat saat pintu dibuka tak jadi persoalan untuk mobil dengan desain ini. “Pintu geser itu memang dibuat supaya lebih paraktis,” kata Nyoman.

Untuk mobil dengan pintu geser, Toyota mengandalkan Alphard. Sliding door semakin melengkapi kemewahan mobil konsumen kelas atas ini selain kenyamanan mobil ini yang stabil saat dikendarai. Walaupun pintu geser yang digunakan masih manual tidak menggunakan remote control. “Tapi tinggal sentuh langsung geser dan ini tentunya sudah memenuhi standar keamanan,” ungkapnya.

Meski pintu geser perlu perawatan ekstra misalnya membersihkan rel sebagai jalan pergeseran pintu agar tidak seret. “Kelebihan lainnya purna jualnya juga mudah. Apalagi kami kan garansinya tiga tahun,” tuturnya.

Lebih Praktis
Konsumen memilih mobil pintu geser karena dinilai lebih praktid dan mudah. “Dengan pintu geser atau sliding door ini penumpang lebih mudah keluar masuk, terutama ketika harus parkir di tempat yang sempit,” ujar Branch Manager PT. Wahana Sumberbaru Jogja, diler resmi Nissan Ngurah Sebudhie, kemarin (17/6).

Dengan menggunakan pintu geser ini, kabin mobil pun menjadi lebih luas. Sedangkan dari sisi keawetan, menurut Ngurah, tidak berbeda dibandingkan mobil berpintu biasa.

“Pada prinsipnya sama saja. Pintu biasa jika tidak dirawat dengan baik juga bisa rusak. Pintu geser jika kurang perhatian saat buka tutup bisa terasa seret,” katanya.

Pintu geser tidak hanya milik mobil berkonsep elegan. Mobil niaga pun juga menganut pintu geser untuk kemudahan keluar masuk barang.

Kepada Harian Jogja, Minggu (17/6), Dewi Indra Maya, Counter Sale Executive Daihatsu Jogja cabang Mayjen Sutoyo menjelaskan pintu geser sangat mendongkrak nilai jual mobil niaga keluaran terbaru Daihatsu, yakni Grand Max Minibus.

“Pintu geser menjadi kelebihan Grand Max, sekaligus menjadi satu – satunya pemain tunggal di segmen mobil niaga,” ujar Maya.
Maya memaparkan Grand Max Minibus menjadi incaran pelaku usaha kuliner hingga jasa angkut. Pasalnya, fasilitas pintu geser pada mobil tersebut memberi kemudahan karena tidak memakan banyak ruang untuk membuka pintu.

“Dengan pintu geser, bongkar muat dapat dilakukan dari samping,” jelasnya.

Menurut Maya, desain pintu geser Grand Max Minibus dibuat kokoh dan kuat. Pintu geser pertumpu pada rel serta engsel yang terdapat di balik pintu. Engsel ini dijamin sangat kuat untuk menahan beban pintu ketika dibuka dan ditutup.

Selain itu, keberadaan pintu geser juga memberikan nuansa baru pada mobil niaga. “Pintu geser membuat mobil Grand Max Minimus semakin elegan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya