SOLOPOS.COM - Chief Operation Officer PT Astra International - Daihatsu Sales Operation Toto Suryana (kanan), Senior PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Tsuneo Itagaki (kiri), dan Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra berfoto bersama di sela-sela peluncuran New Luxio di Jakarta, belum lama ini. (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—PT Astra Daihatsu Motor agen tunggal pemegang merek Daihatsu di Indonesia menargetkan penjualan produk terbarunya di segmen low MPV yakni New Luxio sebanyak 500 unit setiap bulan.

Dengan memperbaharui line up Luxio di segmen ini, ADM ingin memperkuat pasar segmen low MPV yang semakin sesak dengan pendatang baru yang saling berburu untung ditengah permintaan konsumen yang terus meroket.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

New Luxio yang lasim disebut mobil moncong memiliki kompetitor a.l. Suzuki APV dan Nissan Evalia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil moncong di pasar domestik pada Januari 2014 tercatat bervariasi. Suzuki APV membukukan penjualan tertinggi mencapai 984 unit, Nissan Evalia 437 unit, dan Luxio 2013 unit.

Chief Operation Officer Daihatsu Sales Operation Toto Suryana Wijaya menjelaskan kehadiran Daihatsu New Luxio diyakini akan menggairahkan pasar mobil di segmen ini meskipun pasar LMPV sedang terbagi dengan masuknya pemain baru.

Toto menerangkan, pasar LMPV memang cenderung mulai dihuni oleh banyak pemain baru seperti Honda Mobilio yang pangsa pasarnya terus bertumbuh. Hanya saja, ungkapnya, pada mobil moncong pangsa pasarnya masih kecil sehingga segmen ini wajib diisi sehingga kompetisinya bisa berjalan dengan seimbang di antara kompetitor lainnya.

“Kita ingin menyasar segmen mobil ini sehingga pasarnya bisa lebih bergairah,” tuturnya, Rabu (19/2).

Kendati pasar segmen ini tidak begitu signifikan dibandingkan dengan pasar segmen LMPV lainnya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga, Toto yakin penjualannya bisa stabil dan hampir sama dengan tahun lalu dimana menembus angka diatas 5.000 unit.

Pada keseluruhan penjualan produk ADM, sambungnya, Daihatsu Luxio hanya menyumbang penjualan sebesar 3% jika dibandingkan dengan pertumbuhan Daihatsu Xenia yang hampir menyentuh level di atas 30%.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan dengan menargetkan penjualan setiap bulannya yakni 500 unit, ADM yakin pasar mobil moncong ini bisa memberikan kontribusi yang baik bagi produk ADM, apalagi memiliki perubahan bentuk yang bagus untuk keluarga menengah ke atas.

Selain menyasar keluarga menengah, Amelia optimis, pasar New Luxio juga akan banyak digemari oleh pelaku industri sektor jasa seperti perhotelan yang mengantar turis ke tempat wisata. Sejalan dengan perubahan tersebut, lanjut Amelia, New Luxio mengalami perubahan harga dari kisaran Rp157 juta hingga Rp186 juta.

“Riset dari ADM menunjukkan bahwa sejak diluncurkan lima tahun lalu, pertumbuhan penjualan Luxio memang positif dimana sudah laku terjual sebanyak 30.000 unit. Jadi kami optimis, kehadiran New Luxio semakin mendongkrak penjualan produk ADM,” tuturnya.

Direktur Senior PT ADM Tsuneo Itagaki menjabarkan pertumbuhan pasar otomotif Indonesia yang baik diyakini akan menggairahkan pertumbuhan penjualan New Luxio.

“Pasar masih bagus meski ada gangguan moneter. Konsumen masih akan tetap bertumbuh,” ujarnya.

Itagaki meyakini semakin banyak produk ADM yang menyasar ke pasar akan membuat perubahan besar Daihatsu sebagai sebuah brand yang diterima oleh konsumen dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya