SOLOPOS.COM - BMW 18 (egmcartech.com)

Solopos.com, SOLO– BMW menambah jajaran mobil baru. Proporsi bodinya dinamis, elegan, sporty dengan berbagai fitur desain yang inovatif. Itulah wujud BMW i8 sebagai tonggak generasi baru mobil sport dunia. Mobil sport dengan mesin bahan bakar dan tenaga listrik, ini didesain sangat ringan dengan kendali keamanan yang komplit, efisien.

BMW i8 sebagai tonggak generasi baru mobil sport dunia. Mengabungkan mesin bertenaga listrik dan mesin BBM dengan desain elegan. (netcarshow.com)

BMW i8 sebagai tonggak generasi baru mobil sport dunia. Mengabungkan mesin bertenaga listrik dan mesin BBM dengan desain elegan. (netcarshow.com)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

BMW i8 menyajikan kenikmatan berkendara sebagaimana mobil sport hybrid BMW sebelumnya, yakni BMW i3, yang sangat lincah dan nyaman dikendarai di perkotaan. Secara keseluruhan, desain eksterior BMW i8 bisa dikatakan sebagai terobosan baru dalam dunia mobil sport plug-in hybrid. Struktur garis yang tumpang tindih antarmuka akan menjadi identitas yang tampak jelas bahwa mobil tersebut adalah milik BMW i8.

Penggabungan mesin bertenaga listrik dan mesin BBM yang berada di dua tempat yang berbeda memungkinkan desain bagian depan dan belakang mobil jadi sangat rendah. Hal itu menjadikan setiap sisi BMW i8 jadi sangat dinamis. Pintu-pintu yang membuka ke depan dan ke atas seperti sayap juga semakin menambah aduhai desain BMW i8.

Interior BMW i8 (netcarshow.com)

Interior BMW i8 (netcarshow.com)

Sebagaimana rilis resmi dari BMW Group yang dilansir netcarshow.com, Sabtu (26/4), bila diperhatikan, bentuk kap mesin BMW i8 sangat luas dan membentuk seperti huruf V. BMW i8 juga menerapkan unsur desain yang disebut dengan kontur gaya ‘aliran sungai’ pada jendela samping. Kontur ini sangat diperhitungkan oleh pihak BMW karena menentukan jalan udara dari atap dan angin yang melalui garis karakter naik hingga ke panggul mobil yang akhirnya menuju bibir spoiler belakang.

Grill depan juga luas membentang hingga lampu yang didesain sangat ramping. Semua lampu full LED. Cahaya yang dipancarkan dari lampu tersebut menunjang tampilan jalan yang dilalui dalam bentuk tiga dimensi. Tampilan tiga dimensi itu bisa terlihat dari layar monitor kemudi karena direkam oleh sebuah lensa yang diposisikan di tepi. Sangat impresif!

Konsumsi BBM
Sementara lampu belakang, reflektor dan diffuser belakang berada dalam satu unit visual yang memperkuat penampilan mobil. Sebagaimana lampu depan, cluster lampu belakang dirancang sangat rumit yang menampilkan karakter dari mobil BMW i dengan desain bentuk huruf U. BMW i8 dibuat dalam empat warna, yakni Sophisto abu-abu berefek brilian, Crystal White efek mutiara, Protonic Biru dan Ionic Silver. Semua warna itu sangat kontras dan mencolok dengan warna hitam di tengah.

Untuk interior, desain ruang pengemudi dilengkapi dengan unsur-unsur progresif sebagaimana mobil sport yang dinamis dan ringan. Hampir semua instrumen panel BMW i8 berupa garis-garis horizontal. Garis tersebut memberikan kesan interior yang lebar.

Mesin pembakaran tiga silinder BMW i8 bisa menghasilkan 170 kW/231 hp dan mampu menggerakkan roda belakang. Sedangkan motor listrik 96 kW/131 hp yang berasal dari baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang, mampu menghasilkan kekuatan untuk mengerakkan as roda depan. Hanya dengan kekuatan listrik, BMW i8 mampu menempuh jarak dengan kecepatan tertinggi 120 km/jam dengan mengerakkan empat roda sekaligus.

Sprint dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 4,4 detik dengan konsumsi BBM gabungan rata-rata 2,1 liter per 100 kilometer ditambah 11,9 kWh listrik. Hasil itu setara dengan emisi CO2 49 gram per kilometer. Konsumsi bahan bakar ini hampir tidak pernah dicapai oleh sebuah mobil sport. Namun BMW i8 bisa membuktikannya.

Hasil itu rupanya belum apa-apa. Manajemen power train cerdas yang dibenamkan pada BMW i8 ternyata mampu menjaga konsumsi bahan bakar di bawah tujuh liter per 100 kilometer. Bahkan ketika mobil ini digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya