SOLOPOS.COM - All New Toyota Yaris dibuat berbeda dari seri sebelumnya. TRD tipe tertinggi dari All New Yaris paling diminati masyarakat, karena tampilannya sangat sporty dengan fitur dan teknologi audio berbeda dari tipe yang lain. (Farid Syafrodhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sejak All New Toyota Yaris secara resmi diluncurkan Maret 2014, permintaan masyarakat atas mobil hatchback tersebut mengalami peningkatan. Desain yang lebih modern, sporty dan dimensi yang lebih panjang, membuat para pecinta city car melirik mobil ini.

Hampir semua perubahan pada All New Toyota Yaris ini memang dibuat berbeda dari seri sebelumnya. Tak ayal, perubahan ini pun membuat Yaris memiliki terobosan baru di segmen mobil sejenis dan semakin menaikkan kelasnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dimensi Yaris terbaru dengan panjang 4,115 mm, lebih 1,7 mm, tinggi 1,475 mm dan jarak sumbu roda 2,550 mm, membuat mobil ini lebih nyaman untuk dikendarai. “Lebih panjang 30 centimeter dari seri sebelumnya, sehingga lebih longgar dan semakin nyaman,” ujar Branch Manager Nasmoco Slamet Riyadi, Solo, Ainur Rofiq, Kamis (19/6/2014).

Dilihat dari desain eksterior, grill trapesium semakin membuat tampilannya kokoh dan agresif. Penyematan folklamp dan lampu halogen proyektor semakin membuat cantik tampilan dari sisi eksterior. Yaris memiliki tujuh pilihan warna, yakni super white, silver metalic, gray metalic, black mica, red mica metalic, orange metalic, dan blue metalic.

Dari ketujuh warna itu, kata Rofiq, yang paling banyak diminati adalah warna orange, putih dan hitam. Mobil ini dibuat dalam tiga tipe dengan transmisi manual dan otomatis. “Seri yang paling banyak diminati adalah Yaris TRD. Saat ini seri TRD masih inden rata-rata 10 unit dalam sebulan. Tapi banyak juga yang memilih tipe E dan tipe G,” ujar Rofiq.

Rofiq menjelaskan, banyak konsumen yang meminta tipe TRD lantaran tampilannya memang sangat sporty. Selain itu, fitur dan teknologi audio berbeda dari tipe yang lain. Karena produksi tipe TRD tak sebanyak tipe yang biasa, maka peminta New Yaris pun harus bersabar menunggu. Sedangkan untuk tipe lain tidak perlu menunggu lama.

Naik Kelas
Lantaran TRD ini adalah tipe tertinggi dari All New Yaris, maka harganya pun juga paling tinggi. Untuk TRD otomatis seharga Rp263,5 juta per unit dan TRD manual seharga Rp253 juta per unit. Sedangkan untuk tipe E seharga Rp226 juta (manual)/ unit, Rp236,5 juta (otomatis)/unit, serta tipe G seharga Rp234,5 juta (manual)/unit dan Rp245 juta (otomatis)/unit.

Mesin berkapasitas 1.500 cc ini dilengkapi dengan empat silinder segaris serta memiliki 16 katup dengan teknologi DOHC VVT-i. Tipe dapur pacu tersebut mampu menyemburkan daya maksimum 109 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 14,4 kgm pada 4.200 rpm.

Rofiq mengatakan, New Yaris ini dirombak total lantaran dari pihak Toyota memang menginginkan mobil ini naik kelas. Bila dilihat dari segi harga, kelas yang dituju adalah kelas menengah. “Perpindahan kombinasi sekarang ada di depan setir, kalau dulu kan di tengah. Jadi meskipun mengendarai mobil kompak tapi rasanya seperti mengendarai sedan,” terang Rofiq.

Penjualan New Yaris di Solo dari Nasmoco cabang Slamet Riyadi dan cabang Solo Baru, kata dia, total rata-rata mencapai 25 unit sebulan. “Meskipun harganya di atas Rp200 juta, tapi konsumen mendapatkan jaminan kenyamanan berkendara dan dengan desain yang paling baru, itu keunggulan New Yaris. Sedangkan untuk kompetitor lain yang sekelas, masih dengan model lama,” papar Rofiq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya