SOLOPOS.COM - Wanderer W11. (Dailymail.co.uk)

Mobil antik bekas komandan pasukan Nazi itu baru digunakan 102 km.

Solopos.com, BERLIN – Sebuah diler mobil antik di Berlin, Jerman, menjual satu unit jip lansiran 1930. Tetapi bukan jip biasa, sebab jip itu merupakan kendaraan militer yang sempat digunakan oleh komandan pasukan Schutztaffel, yakni pasukan khusus pengawal Adolf Hitler.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Mobil antik itu bernama Wanderer W11/1. Pemilik diler, Michael Frohlich mengatakan mobil berkelir hijau dan mampu memuat satu sopir dan tiga penumpang itu dijual seharga 400.000 poundsterling atau sekitar Rp834 juta.

Sebelum dijual, Wanderer W11/1 juga telah diteliti terlebih dahulu oleh sejumlah sejarawan untuk membuktikan keasliannya. Setelah diteliti, sepeti dilaporkan laman Dailymail, Jumat (11/12/2015), diketahui mobil itu adalah milik komandan pasukan Schutztaffel, Heinrich Himmler.

Mulanya mobil Wanderer W11/1 merupakan mobil dinas yang digunakan Himmler untuk mengontrol barak pasukannya. Kemudian pada 1939, Himmler mengakuisisi mobil terebut sehingga statusnya menjadi mobil pribadi.

Hingga digunakan kali terakhir, Wanderer W11/1 milik salah satu orang kepercayaan Hitler itu baru mencatatkan jarak tempuh 102 km. Frohlich menjelaskan mesin 3.000 cc bertenaga 65 hp yang diusung mobil berusia hampir seabad itu masih berfungsi dengan baik.

Frohlich mengaku mendapatkan mobil tersebut beberapa tahun lalu dari perusahaan keuangan. Seingatnya, hingga 1991 mobil itu masih dipajang di museum Riga di Latvia. Akan tetapi saat ini museum tersebut sudah tutup karena bangkrut.

Ia juga menjelaskan mobil antik itu dibuat oleh pabrikan bernama Chemnitz. Semula pabriknya berada di Jerman Timur, namun lokasinya dipindah ke Munchen setelah perang berakhir. Sayangnya Chemnitz menutup usahanya pada 2010 lalu.

Akan tetapi Frohlich menegaskan tidak akan menjual jip antik itu ke sembarang orang. Ia mengaku tidak ingin mobil itu jatuh ke tangan kaum Neo-nazisme, yakni golongan  yang ingin menghidupkan kembali paham-paham Nazi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya