SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI-Pembahasan pengelolaan mobil dinas (Mobdin) mencuat dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Wonogiri, Jumat (16/12/2011). Muncul wacana mengandangkan semua mobil dinas milik eksekutif maupun legislatif seusai jam kerja. Hal itu bermaksud menekan biaya perawatan kendaraan sehingga mampu menghemat anggaran yang bisa dialihkan ke pos yang lebih penting.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Wonogiri, Sriyono, meyakini kebijakan itu akan menekan biaya pemeliharaan dan biaya operasional. “Setiap tahun, anggaran pemeliharaan dan operasional semua mobil dinas itu sekitar miliaran rupiah. Jika seusai jam kerja, mobil dinas itu dikandangkan atau tidak boleh dibawa pulang, maka akan menghemat biaya pemeliharaan,” paparnya saat rapat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengandangan mobil dinas itu juga akan memperpendek durasi waktu penggunaan setiap harinya. Jika waktu penggunaan terbatas, maka meminimalkan kerusakan kendaraan. Sehingga biaya perawatan dapat ditekan dan anggaran mampu dihemat dan dialihkan hal yang lebih bermanfaat untuk rakyat.

“Mobil dinas yang dikandangkan mulai dari kendaraan operasional eksekutif hingga ketua komisi, atau ketua fraksi seperti saya. Tetapi, hal itu perlu kerelaan dari semua pihak yang memakai kendaraan operasional,” imbuhnya usai rapat.

Sementara itu, Ketua Tim Anggaran Eksekutif yang juga Sekda Wonogiri, Budi Seno, mengatakan pihaknya mendukung wacana pengandangan mobil dinas usai jam kerja asalkan semua pihak konsisten. Terkait pengadaan 17 unit mobil dinas baru, ia mengatakan hal itu sangat mendesak karena banyak mobil dinas di Pemkab Wonogiri yang berumur dan tidak layak.

“Kami sangat berterima kasih jika usul penambahan mobil dinas dapat disetujui di DPRD. Jika tidak disetujui, ya mau bagaimana lagi,” ungkapnya saat ditemui seusai rapat, Jumat. aak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya