SOLOPOS.COM - Sholahuddin (Istimewa/Dokumen pribadi).

Solopos.com, SOLO — Beberapa hari ini di dunia maya orang ribut membahas fenomena babi ngepet. Seorang laki-laki merekayasa bisa menangkap babi ngepet sehingga menjadi pembicaraan banyak orang. Rekayasa itu untuk menjawab pertanyaan banyak penduduk yang kehilangan uang.

Banyak orang percaya rekayasa ini. Kasus lain, seorang perempuan menuduh tetangganya memelihara babi ngepet sehingga bisa kaya tanpa bekerja. Ini kasus absurd, tidak masuk akal. Kasus babi ngepet ini menjadi bukti mitos masih menjadi bagian dari hidup masyarakat.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Hakikatnya mitos merupakan tahap pemikiran manusia paling awal. Mitos ada karena ketidakmampuan manusia menjelaskan atau menjawab fenomena, termasuk fenomena alam. Ketidakmampuan ini karena belum ditemukan atau terbatasnya penguasaan ilmu pengetahuan yang bisa menjawab rasa penasaran manusia.

Manusia kemudian membangun sebuah cerita supranatural untuk menemukan jawaban. Sudah menjadi fitrah manusia selalu bertanya-bertanya, mencari jawaban setiap fenomena yang dihadapi. Fitrah manusia ini yang menyebabkan kehidupan manusia bisa terus berkembang peradabannya sampai sekarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam alam pemikiran mitos, antara fenomena dan jawaban sebenarnya tidak berhubungan sama sekali, tapi tetap diyakini kebenarannya karena hanya itu jawaban yang tersedia. Saat saya masih duduk di sekolah dasar, saat terjadi gerhana bulan banyak mengatakan fenomena gerhana terjadi karena bulan dimakan buta.

Buta atau raksasa adalah kepercayaan supranatural yang digambarkan makhluk berbadan sangat besar yang bisa memakan bulan. Saat terjadi gerhana, saya mendengar orang memukul kentungan agar si buta tidak jadi memakan bulan sehingga bulan kelihatan utuh kembali.

Sebenarnya saat itu ilmu pengetahuan sudah maju sehingga bisa menjelaskan fenomena gerhana bulan atau matahari dengan pendekatan sains. Tapi, ilmu pengetahuan ini belum dipahami semua warga masyarakat sehingga masih muncul mitos soal gerhana bulan seperti yang saya alami.

Apakah mitos yang masih hidup saat ini juga bagian dari ketidakmampuan manusia memahami sebuah fenomena, baik fenomena sosial maupun fenomena alam? Apakah masih layak orang menjawab fenomena orang punya banyak uang dengan membangun mitos babi ngepet?

Saya melihat kecenderungan, pada era kekinian, orang membangun atau percaya mitos bukan karena keterbatasan kemampuan manusia untuk memberi penjelasan, tapi lebih karena karena faktor ketidakmauan manusia berpikir secara benar.

Jadi, membangun mitos-mitos baru pada era saat ini  muncul karena kesengajaan manusia dengan berbagai kepentingan. Berbeda dengan mitos tempo dulu karena benar-benar ketidakmampuan.

Saya memaknai memitoskan sesuatu adalah memberi penjelasan atau menjawab atas sebuah fenomena tapi penjelasan/jawaban itu sesungguhnya tidak berkaitan sama sekali dengan fenomena yang dijelaskan. Kemudian dipaksakan agar orang memercayainya sebagai kebenaran.

Mitos model seperti ini karena ketidakmauan manusia membangun cara berpikir yang benar dalam menganalisis sebuah fenomena. Saya mengatakan ”ketidakmauan” karena cara berpikir ala mitos ini lahir dari orang-orang yang sebenarnya bisa memanfaatkan sains untuk menjawab sebuah fenomena.

Menghasilkan Pengetahuan

Saya jadi ingat tulisan-tulisan Jujun S. Suriasumantri kala membahas filsafat ilmu. Dia mengatakan berpikir pada dasarnya merupakan sebuah proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan berupa pengetahuan.

Dengan kata lain, berpikir yang benar adalah proses berpikir yang bisa menghasilkan pengetahuan sehingga bisa menuntun orang dari tidak tahu menjadi tahu. Syukur-syukur bisa menghasilkan ilmu pengetahuan sebagai level tertinggi hasil pemikiran manusia.

Berpikir ala mitos memang dipelihara. Orang yakin dengan sesuatu meski dia tidak bisa menunjukkan jawaban logis dan empiris atas keterkaitan sesuatu tersebut. Orang yang mengatakan pandemi Covid-19 hanya bagian dari konspirasi juga menunjukkan cara berpikir ala mitos.

Konspirasi seperti menjadi makhluk supranatural yang tidak bisa diverifikasi tapi digunakan menjawab fenomena pandemi. Seorang teman begitu percaya diri menulis status di media sosial bahwa di tempat ibadah tidak bakal ditemukan kasus Covid-19, padahal faktanya tempat ibadah juga bisa menjadi tempat penyebaran virus.

Teman saya ini lebih suka membangun khayalan sebagai jawaban ketimbang berpijak pada fakta empiris. Pemahaman seperti ini yang kemudian mendorong orang cenderung mengabaikan bahkan menentang protokol kesehatan saat beribadah. Pemikiran yang sebenarnya bertentangan dengan substansi ajaran agama.

Kata seorang teman, Covid-19 tak kenal agama, bisa menyerang siapa saja, di mana saja. Kaum elite yang begitu percaya diri membangun kesan di panggung depan juga bagian dari cara berpikir ala mitos karena bisa jadi apa yang disampaikan di depan panggung tak berhubungan sama sekali dengan dunia nyata (dunia belakang panggung).

Ia membangun mitos atas sesuatu agar orang lain mempercayai apa yang mereka sampaikan. Mitos adalah bagian dari pemikiran masa lalu tapi sebagian di antara kita masih loyal menikmatinya.

Mitos dan pola pikir era post truth (pasca kebenaran) sebenarnya sebangun dan sejalan. Kedua-duanya tidak mempercayai hal logis dan empiris. Lebih percaya pada sesuatu yang diyakini. Cara berpikir mitos (dan post truth tentunya) tak bisa menghasilkan pengetahuan karena tidak lahir dari cara berpikir yang benar. Sebaliknya justru melahirkan sampah informasi…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya