SOLOPOS.COM - MENGGOTONG KORBAN

Mitigasi bencana di Kulonprogo dilakukan salah satunya melalui kerjasama dengan tentara

Harianjogja.com, KULONPROGO-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo memantapkan jalinan komunikasi dan koordinasi dengan Kodim 0731/Kulonprogo dalam kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana. Hal itu diharapkan meningkatkan kualitas upaya mitigasi dan penanggulangan bencana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BPBD Kulonprogo, Gusdi Hartono mengatakan, jajaran Kodim 0731/Kulonprogo selama ini memiliki peran krusial dalam membantu penanganan bencana alam di seluruh wilayah Kulonprogo.

Bantuan mereka semakin kuat dengan dukungan dari anggota Koramil masing-masing kecamatan. Menurut Gusdi, komunikasi dan koordinasi sebenarnya juga sudah berjalan baik dan lancar. Meski begitu, dia berpendapat tetap dibutuhkan forum khusus untuk mempertemukan kedua pihak.

“Forum nyata untuk bisa bertukar pendapat serta ide dan gagasan terkait berbagai penyelesaian masalah dalam menghadapi potensi bencana di Kulonprogo,” ucap Gusdi, Jumat (12/8/2016).

Gusdi mengungkapkan, pertemuan dengan konsep tersebut telah direalisasikan awal pekan ini. Selain bertukar informasi dan pengalaman, BPBD bersama Kodim 0731/Kulonprogo juga menyusun perencanaan, langkah, dan strategi terpadu terkait penanganan bencana alam.

Gusdi menambahkan, BPBD Kulonprogo juga terus mempererat kerja sama dengan para relawan. Diantaranya Jajaran Progo Menoreh (JPM), Jaringan Komunikasi Mandiri (JKM), Menoreh Media Communication (MMC), Relawan Desa Sidomulyo (RDS), serta Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo.

“Kami menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan berbagai pihak agar upaya mitigasi dan penanggulangan bencana lebih efektif,” kata Gusdi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya