SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Api muncul secara misterius dari dalam tanah di wilayah Dukuh Banyurip RT 022, Desa Bonagung, Tanon, Sragen, Jawa Tengah, Minggu (18/8/2019) malam, sekitar pukul 19.00 WIB. Fenomena alam itu membuat warga gempar.

Sumber api itu muncul di ladang atau tegalan milik Wignyo Dikromo alias Rebo, 65, seluas 4.000 meter persegi. Rebo tinggal di Dukuh Banyurip RT 016, Desa Kalikobok, Tanon, Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejak Minggu malam sampai Senin (19/8/2019) pukul 02.00 WIB, lokasi sumber api itu didatangi ratusan orang dari berbagai daerah di Sragen. Puluhan orang terus hilir mudik ke lokasi sumber api itu pada Senin pagi.

Si pemilik tanah, Rebo, mengaku sudah mencium bau gas seperti bau bensin dibakar sebelum api keluar.

“Lokasi yang muncul api alam itu merupakan lubang bekas sumur dalam yang saya gali dua tahun lalu tetapi tidak ada airnya. Saya mengebor tanah itu dengan memasukkan pipa besi sepanjang 4 meteran sampai habis 17 batang. Jadi dalamnya sumur itu lebih dari 50 meter. Karena tidak ada airnya saya tutup batu terus pindah lokasi,” ujar Rebo saat ditemui , Senin siang.

Rebo mengatakan pada Minggu (18/8/2019) sore dirnya duduk-duduk di dekat lokasi sumur bor yang ditutup batu.

“Tanahnya terasa panas. Batu yang saya gunakan untuk menutup juga panas dan seperti bara api. Lalu saya pulang memberitahu keluarga dan warga. Kemudian pada pukul 18.30 WIB adik saya, Sutiyo, 55, bawa pacul untuk melubangi sumber api. Akhirnya api keluar dan membesar,” kisahnya.

Seorang warga Jurangjero, RT 025, Kalikobok, Tanon, Sragen, Maryanto, 54, sempat menjajaki kedalaman sumber api dengan menggunakan batang pohon singkong. Kedalamannya mencapai 70 cm.

“Ini kemarin saya gunakan untuk membakar singkong. Bisa masak tapi rasanya tidak begitu enak. Kemarin pernah saya jajaki kedalamannya masih 1 meter,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya