Misteri Waduk Cengklik Boyolali: Peri Cantik hingga Tumbal
Keindahan senja di Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali. (Solopos/Tamara Geraldine)

Solopos.com, BOYOLALI – Waduk Cengklik yang terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, konon menyimpan sederet kisah misteri. Konon ada sosok peri yang menunggu tempat tersebut dan sering meminta tumbal.

Kisah misteri itu diceritakan pengelola akun Instagram @misterisolo, 31 Mei 2020 silam.

"Beberapa kisah mistis yang sampai sekarang masih sering menjadi buah bibir. Salah satunya tentang peri yang sering berinteraksi dengan beberapa masyarakat yang melewati waduk ini," ujar dia.

Baca juga: Akui Keluarganya Sejajar! Ini Profil Meilia Lau, Eks Calon Mertua Kaesang

Kebenaran sosok peri penunggu Waduk Cengklik itu masih menjadi misteri. Kabarnya peri itu berwujud perempuan cantik dan berbau wangi. Namun, terkadang ada pula sosok peri yang berwujud menakutkan, seperti wajah rata, wajah hancur dan juga binatang buas.

"Pada tahun 2017, waduk ini digemparkan dengan kisah seorang pengemudi motor yang tiba-tiba linglung ketika melewati waduk ini. Menurut kesaksiannya, sang pengendara motor tiba-tiba merasakan seorang perempuan membonceng motornya dan mulai mengajak bercakap-cakap. Dari situ pengendara motor tidak ingat lagi apa yang dialami sampai akhirnya tersadar masuk ke dalam sungai kecil di daerah Andong, 20 kilometer dari waduk ini," ungkap dia.

Baca juga: Waduk Cengklik Park Boyolali Dibuka, Ada Kampung Sakura di Dalamnya

Misteri Tumbal Waduk Cengklik

Selain kisah misteri tentang peri, ada pula mitos tumbal yang diminta penunggu Waduk Cengklik. Kisah tersebut masih beredar luas di masyarakat sampai saat ini.

Konon, penunggu Waduk Cengklik Boyolali meminta tumbal nyawa setiap tahunnya. Hal ini dikaitkan dengan adanya kasus orang tenggelam hingga mayat korban pembunuhan yang dibuang di Waduk Cengklik.

"Dari pemancing yang tenggelam sampai peristiwa pembunuhan yang mayatnya dibuang atau ditemukan di tempat ini merupakan hal yang rutin tiap tahunnya," jelas dia.

Baca juga: Lapangan Kampung Sewu Solo Jadi Favorit Venue Turnamen Sepak Bola pada 1980-2004

Benda Keramat

Ada sejumlah orang yang kedapatan membuang benda keramat ke Waduk Cengklik. Hal itulah yang konon membuat aura mistis di waduk begitu kental.

"Hal ini yang membuat waduk ini menjadi waduk yang mempunyai aura mistis yang hitam ketika malam tiba-tiba. Selalu berdoa dan waspada adalah hal yang harus dilakukan ketika menjamah tempat ini," tutup dia.

Sampai saat ini berbagai kisah misteri tentang Waduk Cengklik tersebut masih beredar di kalangan masyarakat. Saat senja tiba dan azan maghrib berkumandang, aktivitas di Waduk Cengklik mendadak sunyi.

Tidak ada lagi perahu yang berani berjalan membawa penumpang mengelilingi waduk. Para sopir perahu itu selalu merapat sebelum azan maghrib berkumandang agar tidak celaka.



Berita Terkini Lainnya








Kolom