SOLOPOS.COM - Suasana gerbang Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat, Sabtu (13/4/2015). Penggunaan jalan tol terpanjang se-Indonesia dengan jarak 116 kilometer itu dibuka untuk umum mulai Senin (15/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Misteri Tol Cipali sempat mencuat beberapa hari belakangan.

Solopos.com, SOLO – Sempat dikaitkan dengan kisah misteri, kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali disebut-sebut lantaran masalah teknis.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Direktur Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan Gede Suardika mengatakan kecelakaan di tol Tol Cipali sepanjang 116 km di jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura) itu lebih dikarenakan human error.

Menurutnya, kecelakaan tersebut lebih disebabkan oleh faktor manusia. Secara statistik, 74% disebabkan karena pengemudi ngantuk dan 14% pengemudi lelah. “Jadi 88% kecelakaan di tol Cipali disebabkan faktor manusia,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (17/7/2015).

Untuk itu, papar Direktur Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan Gede Suardika, tol yang menghubungkan Cikampek, Kabupaten Krawang, dengan Palimanan, Kabupaten Cirebon, masih dalam pembenahan penyempurnaan fasilitas.

“Kemenhub merekomendasikan agar dilengkapi fasilitas jalan yang diperlukan seperti rambu, gudril maupun penerangan,” ungkapnya.

Gede menambahkan, dari hasil analisis terhadap kecelakaan yang terjadi di jalan tol tersebut merupakan kecelakaan tunggal dan bukan disebabkan oleh infrastrukturnya.

Sesuai dengan pantauan JIBI/Tim Mudik Susur Jawa Sumatra Bisnis pada yang sudah sampai kotaSemarang pada H-2, pemudik mulai memadati jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa dengan menggunakan kendaraan pribadi—roda empat dan roda dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya