Misteri Rajah di Pantai Gondo Mayit Blitar

Selain menjadi pesinggahan Ratu Nyi Roro Kidul, konon Pantai Gondo Mayit juga terdapat rajah yang dianggap memiliki kesaktian.

 Pantai Gondo Mayit Blitar. (Ksmtour)

SOLOPOS.COM - Pantai Gondo Mayit Blitar. (Ksmtour)

Solopos.com, BLITAR — Di antara banyaknya objek wisata di Kota Blitar, Jawa Timur, terdapat satu destinasi yang cukup menyita perhatian karena nama yang menyeramkan dan menyimpan sejumlah misteri, yaitu Pantai Gondo Mayit.

PromosiBlak-Blakan Wali Kota Gibran: Menciptakan Multiplier Effect Tirtonadi

Nama yang cukup menyeramkan itu membuat sebagian orang beranggapan pantai yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, itu angker. Kata Gondo Mayit sendiri memiliki arti bau mayat. Penamaan itu berdasarkan ditemukannnya banyak mayat hingga tercium bau yang menyengat di sekitar pantai.

Dikutip dari laman agen perjalanan Ksmtour, Minggu (9/1/2022), selain memiliki sejarah menyeramkan juga terdapat pesanggrahan yang menjadi tempat persinggahan Nyi Roro Kidul yang dikenal sebagai Ratu Laut Selatan. Konon katanya, terdapat tokoh babad setempat yang kerap bersemedi di atas bukit untuk menemui Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Kisah Misteri di Balik Keindahan Pantai Gondo Mayit Blitar

Berdasarkan keterangan di akun @buminusantara.id, terdapat mitos tentang keberadaan rajah di Pantai Gondo Mayit. Rajah merupakan huruf atau kalimat yang membentuk suatu gambar tertentu dan diyakini dapat menjadi penyembuh, memiliki kesaktian, keselamatan atau pengasihan.

Konon, di Pantai Gondo Mayit terdapat rajah bernama semesta. Keberadaan rajah ini masih menjadi misteri dan masih banyak warga lokal yang tidak mengetahuinya.

Mitos pantai gondo mayit
Ilustrasi rajah. (Instagram/@buminusantara.id)

Pesona Pantai Gondo Mayit

Meski memiliki nama yang menyeramkan, pantai yang masih alami dan bersih ini menawarkan pemandangan yang mempesona. Lokasi pantai ini berada tak jauh dari Pantai Tampakrejo, atau berada sisi timurnya. Alam yang asri yang berpadu dengan pantai yang masih alami serta pasir putihnya membuat pantai ini tampak begitu menawan.

Tak hanya hamparan pasir putih yang indah, Pantai Gondo Mayit ini juga memiliki ombak yang cukup besar. Keunggulan pada ombak besar itu membuat peselancar ingin menjajal ganasnya ombak pantai di sebelah Selatan Jawa ini.

Baca Juga: Masih Dipercaya hingga Sekarang, Ini Makna Pamali Banjar

Untuk menikmati pesona pantai yang masih perawan ini, Anda cukup merogoh kocek Rp6.000 saja untuk tiker masuknya. Bagi yang ingin cepat ke tujuan, pengelola pantai menyediakan perahu yang dapat disewa untuk menuju ke Pantai Gondo Mayit Blitar. Namun bagi yang ingin menikmati perjalanan dengan berjalan dapat menyusuri sungai kecil yang mengalir ke laut baru kemudian menaiki bukit untuk ke seberang.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.

Disebut Tempat Jin Buang Anak, Kalimantan Lebih Kaya dari Jawa

Jin buang anak merujuk kepada istilah untuk menunjukkan suatu daerah yang jauh dari keramaian, sepi, dan terbelakang dari sisi ekonomi.

Salim Said: Jokowi Dikuasai Oligarki, Praktikkan Nepotisme

salah satu bentuk ketidakberdayaan Jokowi menghadapi oligarki adalah diberikannya kekuasaan yang sangat besar kepada Luhut Binsar Panjaitan.

Kian Banyak Kritikan, Ini Curahan Hati Ustaz Yusuf Mansur

Salah satu yang disoroti Yusuf Mansur adalah kian banyaknya akun di media sosial yang mengkritik dirinya.

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Jos! Polri Sita Aset BLBI Senilai Rp5,9 Triliun

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, total aset tersebut berupa pengamanan dan penguasaan fisik dari aset yang dimiliki oleh obligor atau debitur dana BLBI.

60 Pegawai Positif Covid-19, Kemensos Lockdown 5 Hari

Kemensos pun memberlakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/1/2022) hingga Senin (31/1/2022).

Wow! Logam Lumpur Lapindo Cocok untuk Pesawat Luar Angkasa

Kandungan logam lumpur Lapindo bisa dimanfaatkan untuk pembuatan mobil listrik hingga pesawat luar angkasa.

Sering Dikritik, Yusuf Mansur Doakan Yang Terbaik untuk Edy Mulyadi

Edy Mulyadi adalah salah satu orang mengkritik investasi Yusuf Mansur yang kini digugat sebagian investor.

Kasus Jin Buang Anak, Polisi Hadirkan 8 Saksi Ahli

Kasus jin buang anak yang menjerat wartawan senior sekaligus seorang Youtuber, Edy Mulyadi telah bergulir ke tingkat penyidikan.

Kongkalikong Bupati Kotim dan Dirjen Kemendagri di Korupsi Dana PEN

Dirjen Kemendagri memiliki kewenangan menyusun surat pertimbangan Menteri Dalam Negeri atas permohonan pinjaman dana PEN yang diajukan oleh pemerintah daerah.

Foto Airlangga-Khofifah Beredar, Pengamat: Tes Ombak

Kelompok tertentu ingin mengetes ombak untuk melihat sejauh mana respons publik terkait dengan bakal pasangan calon pada Pilpres 2024.

Ahok Calon Kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Ahok menjadi calon kuat yang diusulkan PDIP kepada Presiden Joko Widodo.

Dalit, Kasta yang Haram Disentuh dalam Stratifikasi Masyarakat India

India hingga saat ini menjadi negara yang masih menerapkan sistem kasta dari kepercayaan tua agama Hindu.

Buntut Tragedi Maut Diskotik Sorong, 2 Orang Ditahan

Penyidik masih mencari pelaku lainnya, termasuk otak dari aksi pertikaian yang memicu tragedi diskotik di Sorong.