SOLOPOS.COM - Tangkapan layar dari video unggahan channel Janggal Misteri di Youtube, Rabu (12/8/2020). (Youtube-Janggal Misteri)

Solopos.com, SEMARANG — Janggal Misteri adalah kelompok yang melakukan penyelidikan terhadap cerita misteri yang beredar di Kota Semarang, ibu kota Jawa Tengah. Mereka membahas tentang Makam Tegalarum di Kampung Pandean, Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, yang dipercaya masyarakat paling angker di kota itu.

“Bahkan makam ini didaulat oleh masyarakat adalah makam paling angker di Semarang,” kata Herry Supriyadi, salah satu anggota Janggal Misteri, dalam dalam video unggahan channel Janggal Misteri di Youtube, Rabu (12/8/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengatakan ada banyak peristiwa aneh yang terjadi di sekitar makam tadi. “Di antaranya adalah suara tangisan bayi misterius,” katanya.

Datangi Umbul Donga, Gibran-Teguh Napak Tilas Perjuangan Jokowi-Rudy

“Bagi pendatang, jika melihat kuburan tersebut, maka yang tampak adalah sebuah rumah yang besar dengan banyak penghuninya,” ujarnya.

Pengelola channel Janggal Misteri menyampaikan bahwa energi supernatural tadi seolah-olah bersumber dari sepasang makam yang berada di dalam cungkup. Salah satunya bertuliskan nama Mbah Djapar yang meninggal pada 1912.

Menurutnya, makam tersebut tidak biasa karena kondisinya sangat bersih jika dibandingkan dengan makam lain. Selain itu, banyak bangku yang disusun di sekitar sana karena sering didatangi oleh para peziarah.

Wow! Bimo Bocah Wonogiri Bikin Wayang Ganjar Pranowo Bermasker

Konon, Mbah Djapar adalah orang yang sakti sewaktu hidupnya. Berdasarkan cerita yang beredar, ia dapat menusuk batu kerikil dengan sebuah lidi seperti menusuk sate.

 

Arwah Gentayangan

Herry mengatakan bahwa orang yang mengunjungi makam dengan niat jahat akan segera diusir dari sana. Konon, sosok gaib akan menampakkan diri dalam wujud binatang berbisa. Hujan yang disertai petir juga akan turun di area makam saja.

“Bahkan, di sepanjang jalan dekat area pemakaman sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang kebanyakan korbannya meninggal dunia. Dan masyarakat selalu mengklaim jika kejadian langka itu ada hubungannya dengan keangkeran Makam Tegalarum,” jelasnya.

3 Hari 2 Pasien Covid-19 Asal Jakarta Dimakamkan di Wonogiri

Dia melanjutkan cerita tentang “sesuatu” yang meneror warga dengan cara mengetuk-ngetuk pintu rumah mereka pada malam tertentu. Anehnya, tidak ada seorang pun yang berada di depan pintu tersebut ketika dibuka. Warga menduga pelakunya adalah arwah dari korban kecelakaan di sekitar sana yang bergentayangan.

Ustaz Erviansyah, salah satu narasumber, menyampaikan arwah gentayangan itu tidak ada. Jadi, arwah manusia sedang mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan Allah setelah meninggal dunia.

Desa Wisata Ketenger Suguhkan Pemandangan Alam Bak Swiss

“Yang ada itu jin qorin,” imbuhnya. Jin qorin ada dua jenis, yakni jahat dan baik. Jin qorin jahatlah yang senang menakut-nakuti manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya