SOLOPOS.COM - Makam Mbah Jalak di Hutan Sigar Bencah Semarang yang tampak terawat, Selasa (30/8/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Peristiwa tragis yang kerap terjadi di tanjakan Sigar Bencah, Semarang, kerap dikaitkan dengan sosok Mbah Jalak. Tidak ada yang tahu secara pasti sosok Mbah Jalak itu, meski demikian makam tokoh tersebut terletak tak jauh dari tanjakan Sigar Bencah Semarang hingga menimbulkan kisah misteri terkait sosoknya.

Solopos.com berkesempatan mengunjungi makam Mbah Jalak yang lokasinya tak jauh dari tanjakan Sigar Bencah Semarang. Makam tersebut terletak di tengah hutan. Untuk menuju makam tersebut, pengunjung harus melalui jalan setapak sepanjang 100 meter yang lokasi sekitar 50 meter dari jalan raya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang tukang tambal ban di kawasan Sigar Bencah, Achsin, mengaku makam Mbah Jalak itu memang terletak dari permukiman penduduk. Meski demikian, ada seorang warga Meteseh yang rutin ke makam tersebut untuk membersihkan.

“Sebenarnya siapa pun yang mau datang dan berdoa dipersilakan untuk membersihkan. Tapi ada juru rawat makam yang rutin ke sini tapi saya tidak kenal,” tutur Achsin kepada Solopos.com, Selasa (30/8/2022).

Sementara itu, salah seorang warga perumahan Bukit Emerald Jaya, Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Joko, 50, mengaku tidak tahu menahu keterkaitan antara makam Mbah Jalak dengan kisah misteri angkernya tanjakan Sigar Bencah. Kendati demikian, ia menduga Mbah Jalak merupakan sosok tokoh yang dihormati selama masa hidupnya.

Baca juga: Misteri Tanjakan Sigar Bencah Semarang, Dianggap Angker hingga Kerap Kecelakaan

“Lihat saja, ada papan petunjuk ke arah makam. Tentu, dia pernah menjadi orang yang disegani,” ujarnya.

Berdasarkan urban legend yang beredar di Semarang, Mbah Jalak konon disebut-sebut sebagai sosok penunggu hutan Sigar Bencah Semarang. Mbah Jalak digambarkan sebagai sosok berperawakan tinggi besar dan mampu menjelma sebagai ular.

Makamnya pun kerap didatangi peziarah yang memiliki hajat atau keinginan. Bahkan, kabarnya makam Mbah Jalak yang kerap dikait-kaitkan dengan kisah misteri seputar peristiwa yang terjadi di tanjakan Sigar Bencah itu, sering didatangi orang-orang yang ingin mencari ilham nomor toto gelap (togel).

Baca juga: Misteri Mbah Jalak Penunggu Tanjakan Sigar Bencah Semarang

Sementara itu, tanjakan Sigar Bencah Semarang selama ini memang kerap disebut sebagai salah satu lokasi yang angker. Hal ini menyusul kerap terjadinya peristiwa kecelakaan maut di lokasi itu. Salah satu peristiwa tragis di lokasi itu adalah kecelakaan maut yang menyebabkan empat orang meninggal, di mana satu di antaranya bayi berusia 3 bulan, pada September 2021 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya