SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gunung Ungaran. (Instagram)

Solopos.com, UNGARAN – Tiga pendaki asal Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dilaporkan hilang di Gunung Ungaran, Jumat (6/8/2021). Mereka hilang seusai melakukan ritual di Sendang Suroloyo pada Rabu (4/8/2021).

Sebagai informasi, Gunung Ungaran tingginya sekitar 2.050 meter yang tergolong masih aktif. Gunung ini memiliki sumber mata air panas yang letaknya di sekitar Candi Gedong Songo dan Gonoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Wikipedia, masyarakat setempat meyakini ada makam Dasamuka di lereng gunung ini, tepatnya di antara jajaran candi yang terdapat kawah berbau belerang. Kawah belerang inilah yang diyakini sebagai makam Dasamuka.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Kronologi 3 Pendaki Hilang Misterius di Gunung Ungaran Seusai Ritual di Sendang Suroloyo

Konon Dasamuka yang suka mabuk dikubur di kawah ini oleh Hanoman dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta seperti dalam kisah Ramayana. Dalam perang itu, Dasamuka yang sakti tidak bisa mati meski diserang dengan berbagai senjata oleh Rama.

Melihat itu Hanoman yang anak dewa itu kemudian mengangkat sebuah gunung untuk menimbun tubuh Dasamuka. Jadilah Dasamuka tertimbun hidup-hidup oleh gunung yang kemudian hari disebut sebagai gunung Ungaran.

Hanoman sendiri kemudian berdiam di Gunung Telomoyo di Magelang untuk mengawasi Dasamuka jika sewaktu-waktu bangkit. Dasamuka bisa bangkit jika mencium bau minuman keras.

Baca juga: Legend! Berdiri Sejak 1980, Warung Mbok Yem di Puncak Lawu Jadi Solusi Para Pendaki

Pada masa hidupnya konon Dasamuka gemar minum minuman keras hingga siapapun yang datang ke Gunung Ungaran dengan membawa minuman keras akan membangkitkan nafsu Dasamuka. Hal ini membuat masyarakat setempat (dulu) tidak berani minum minuman keras di areal Candi Gedong Songo.

Dasamuka yang tertimbun hidup- hidup di dasar gunung Ungaran setiap hari mengeluarkan rintihan berupa suara menggelegak yang sebenarnya berasal dari sumber air panas yang terdapat di situ.

Mencium aroma miras erangan Dasamuka makin menjadi-jadi, ditandai sumber air panas makin menggelegak. Kalau sampai tubuh Dasamuka bergerak-gerak bahkan bisa menimbulkan gempa kecil.

Sumber air panas yang mengandung belerang itu akhirnya kini menjadi tempat mandi untuk menghilangkan beberapa penyakit kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya