SOLOPOS.COM - Jack Ma (Businessinsider)

Solopos.com, HANGZHOU – Kabar mengenai hilangnya pendiri Alibaba, Jack Ma, sempat menyedot perhatian publik. Menurut laporan jurnalis CNBC, David Faber, Jack Ma tak benar-benar hilang. Ia hanya menghindari publik untuk beberapa waktu.

Kabar simpang siur hilangnya Jack Ma sejak dua bulan yang lalu sedikit demi sedikit mulai tersingkap. Menurut sebuah laporan dari sumber anonim yang dekat dengan Ma, Selasa (5/1/2021) pendiri Alibaba ini tak menghilang ia hanya menghindari sorotan publik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dia tidak tampil di publik dengan tujuan tertentu dan diperkirakan akan seperti itu hingga beberapa waktu ke depan,” ujar David Faber seperti dilansir dari Times Now News.

Jack Ma Dilaporkan Hilang, Gara-Gara Kritik Pemerintah?

Menurut David Faber kemungkinan saat ini Jack Ma berada di Hangzhou, kota di mana kantor pusat Alibaba Group berada.

“Apa yang dapat saya katakan kepada Anda adalah bahwa dia sangat mungkin berada di Hangzhou, di mana Alibaba bermarkas, dan dengan sengaja tidak terlihat. Tapi itu tidak berarti dia hilang,” papar Faber.

“[Ma] belum ditangkap, dia belum diambil, dan tidak ada indikasi bahwa pemerintah akan memindahkannya dengan cara tertentu,” lanjutnya.

Jack Ma dikabarkan tidak ditangkap oleh pemerintah China. Ia tak sedang mendapat tekanan hukum. Hai ini disampaikan seorang konsultan bisnis di Shanghai, Shaun Rein. Ia mengatakan dirinya bertemu dengan manajer Alibaba dan orang-orang yang mengenal Ma. Mereka mengungkapkan Jack Ma tak sedang dalam masalah hukum.

Kuba Berkomitmen Lanjutkan Beasiswa Untuk Mahasiswa Indonesia

“Mereka memukulnya. Dia belajar, dan itulah mengapa dia diam selama dua bulan terakhir. Beberapa temannya mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak percaya betapa bodohnya dia,” beber Rein, yang juga pendiri China Market Research Group.

Spekulasi

Beberapa waktu lalu, misteri seputar keberadaan Jack Ma memang santer dibicarakan oleh publik. Berbagai media ikut melaporkan tak munculnya Ma di hadapan publik sejak Oktober 2020 lalu.

Berbagai spekulasi pun akhirnya muncul, ia dikabarkan menghilang karena sempat melontarkan kritik kepada regulator dan bank milik China saat menjadi pembicara sebuah konferensi teknologi finansial pada Oktober 2020.

Wanita Ini Jualan Kuku Seharga Rp670 Juta

Ia menyamakan peraturan perbankan yang diterapkan oleh pemerintah China saat ini sebagai “klub orang tua”. Kritik itu ternyata menuai kemarahan dari regulator China dan membuat perusahaan Ma seperti Ant Group dan Alibaba mendapatkan tekanan regulasi dari otoritas China.

Dilansir dari CNN, Ant Group dan Alibaba sampai saat ini tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar mengenai hilangnya Jack Ma.

“Saya pikir dia [Ma] telah diberitahu untuk bersembunyi. Ini adalah situasi yang cukup unik, lebih terkait dengan skala Ant belaka dan sensitivitas atas regulasi keuangan,” jelas Ketua Konsultan Teknologi BDA China yang berbasis di Beijing kepada Reuters melansir dari CNN, Kamis (7/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya