Misteri Kampung Sibimo Batang, Cuma Ada 7 Rumah

sang naravlog yang melakukan penelusuran ke lokasi Kampung Sibimo ini menjelaskan bahwa medan menuju kampung tersebut harus melewati jalan terjal dengan kanan-kiri berupa hutan serta pephohonan tinggi dan juga area perkebunan.

 Kampung Sibimo (Youtube/JURNALASKA SMANDA)

SOLOPOS.COM - Kampung Sibimo (Youtube/JURNALASKA SMANDA)

Solopos.com, BATANG — Kampung biasanya terdiri dari banyak rumah. Namun salah satu kampung di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, ini terbilang unik karena hanya terdapat tujuh rumah saja. Kampung itu dikenal dengan nama Sibimo yang berlokasi di Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube, Kamis (7/4/2022), sang naravlog yang melakukan penelusuran ke lokasi Kampung Sibimo ini menjelaskan bahwa medan menuju kampung tersebut harus melewati jalan terjal dengan kanan-kiri berupa hutan serta pephohonan tinggi dan juga area perkebunan.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Kondisi medan dan lingkungan sekitar kampung, ditambah hanya ada tujuh unit rumah saja yang ada di kampung tersebut membuat kesan mistis sangat terasa. Berdasarkan mitos yang dipercaya, jika di kampung tersebut dibangun lebih dari tujuh rumah, penghuni rumah ke delapan dan seterusnya ini akan mengalami malapetaka.

Baca juga: Jorok! Sampah Plastik Kepung Kampung Nelayan Tambakrejo Semarang

Pernah ada rumah-rumah yang dibangun di Kampung Sibimo tersebut, namun para pemilik rumah meninggal secara nahas. Kebanyakan penyebab kematian adalah bunuh diri. Kasis bunuh diri yang dilakukan para pelanggar pantangan ini mulai dari gantung diri, minum racun tikus dan masih banyak lagi.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari sesepuh kampung, Mbah Tarjo, kejadian naas juga pernah terjadi di era 1980an, di mana ada lebih dari tujuh rumah yang dibangun di kampung Sibimo tersebut.

Hasilnya, penghuni rumah dari yang ke delapan hingga seterusnya ditemukan mati mengenaskan dan semuanya adalah kasus kematian misterius dan bunuh diri. Kepala Desa Brokoh, Mukmin juga mengatakan bahwa mitos tersebut masih dipercaya warga setempat dan tidak dipungkiri, kejadian mengerikan selalu terjadi jika ada yang melanggar pantangan tersebut.

Baca juga: Waduk Sempor, Spot Wisata Eksotis di Kebumen

Terpencil

Kampung Sibimo merupakan wilayah terpencil yang dikepung hutan dan perkebuman, Wilayah itu hanya dihuni oleh 22 orang yang menghuni enam unit rumah. Satu unit rumah kosong karena ditinggal penghuninya.

Salah satu warga setempat, Modriah, merngatakan bahwa pantangan tersebut dibuat dan telah dijaga sejak zaman dulu dimaksudkan agar warga hidup tenang dan saling membantu. Berdasarkan cerita dari ayahnya, dengan dibatasi hanya tujuh rumah yang dibangun ini bisa menjaga bumi dan alam tetap lestari.

Ayah Modriah juga pernah cerita bagaimana dia bertemu dengan sosok penjaga kampung tersebut Bahkan, sosok penunggu kampung yang dikenal dengan sebutan ‘Bimo Sekti’ ini akan menyergap siapapun yang masuk ke kampung Sibimo dengan niat jahat.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Setahun, 2.800 Tenaga Honorer di Cilacap Diangkat Jadi ASN

      Sebanyak 2.800-an tenaga honorer di lingkungan Pemkab Cilacap telah diangkat sebagai ASN, baik CPNS maupun PPPK, dalam kurun waktu 2021-2022.

      Geger, Mayat Bayi Laki-Laki Ditemukan Dekat Gereja di Jepara

      Penemuan mayat bayi di lingkungan gereja di Desa Welahan, Jepara, menimbulkan misteri terkait sosok pembuangnya.

      Diduga Jadi Tempat Prostitusi, Kompleks Karaoke Cumpleng Indah Blora Ditutup

      Pemerintah Kabupaten Blora resmi menutup kompleks hiburan malam karaoke Cumpleng Indah karena diduga menjadi praktik prostitusi.

      Menipis, Stok Vaksin Covid-19 di Semarang Tinggal 198 Dosis

      Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang menyebut stok vaksin Covid-19 kian menipis dan tinggal tersisa untuk memenuhi kebutuhan selama 1-2 hari.

      Ratusan Warga Pekalongan Terserang DBD, 2 Meninggal

      Sebanyak 155 orang di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) terserang DBD pada tahun ini, di mana dua di antaranya mengalami kematian.

      Korban Cabut Laporan, Kasus Pengeroyokan Anggota TNI di Salatiga Disetop

      Pratu RW, anggota TNI di Salatiga yang menjadi korban pengeroyokan lima preman mencabut laporannya ke polisi.

      45 Perempuan di Jateng Jadi Korban KDRT, Paling Banyak dari Semarang

      Sebanyak 45 perempuan di Jawa Tengah (Jateng) mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dalam kurun dua tahun terakhir.

      Bolos, 6 Siswa Terjaring Operasi Satpol PP saat Nongkrong di Warung

      Sebanyak enam siswa di Kota Salatiga, Jawa Tengah terjaring operasi pelajar yang dilakukan Satpol PP pada Kamis (6/10/2022).

      Banyak WP Nunggak, Piutan Pajak di Semarang Capai Rp590 Miliar

      Piutang pajak di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sejak 2017 mencapai Rp590 miliar.

      4 Budaya asli Jepara Diusulkan Jadi Warisan Tak Benda, Ini Ragamnya

      Pemerintah Kabupaten Jepara mendaftarkan empat karya budaya sebagai warisan budaya tak benda, salah satunya seni ukir macan kurung.

      BNN Jateng Sita Aset Bandar Narkoba, Ada Rumah di Semarang

      BNN Provinsi Jawa Tengah atau Jateng menyita sebuah rumah di kawasan Green Wood, Kota Semarang, yang merupakan aset milik bandar narkoba.

      Dahsyat Letusan Paku Tanah Jawa Gunung Tidar, Konon Kubur Candi Borobudur

      Letusan Gunung Tidar, sang paku Tanah Jawa diduga pernah menimbun Candi Borobudur selama ratusan tahun, bukan Gunung Merapi.

      Patut Dicoba, Ini 4 Rekomendasi Tempat Kuliner Kepala Manyung di Semarang

      Berikut rekomendasi empat tempat kuliner yang menyajikan kepala ikan manyung di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Dulu Kawasan Santri, Semarang Tengah Bakal Jadi Pusat Wisata Sejarah Islam

      Pemerintah Kota Semarang berencana membangun kawasan Kecamatan Semarang sebagai pusat wisata sejarah Islam.

      BNN Jateng Sita Rumah di Semarang Diduga Hasil Bisnis Narkoba

      BNN Provinsi Jawa Tengah menyita sebuah rumah di Perumahaan Greenwood, Kota Semarang karena diduga dibeli dari uang hasil bisnis narkoba.