SOLOPOS.COM - Telaga Ranjeng di Brebes, Jawa Tengah. (Google Photo/Noland)

Solopos.com, BREBES — Telaga Ranjeng atau biasa disebut Telaga Renjeng merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang menyimpan kisah misteri.

Kawasan cagar alam yang berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyungan, Brebes, ini dibangun pada 1924 di kaki Gunung Slamet.

Promosi BRI-MI Sabet Top 5 Manajer Investasi di Tahun Pertama Gabung BRI Group

Dihimpun dari berbagai sumber, cagar alam ini dikelola Perhutani Pekalongan Timur. Kawasan telaga ini ditunjuk sebagai kawasan cagar alam berdasarkan Besluit Gubernur Jendral Hindia Belanda No 25 tanggal 11 Januari 1925.

Di balik keindahannya, Telaga Ranjeng menyimpan kisah misteri tentang keberadaan ikan keramat. Konon, masyarakat meyakini ikan yang berada di telaga ini sering berganti dengan sendirinya.

Dalam waktu tertentu, ikan yang menghuni telaga itu berupa ikan mas. Namun saat waktu berganti bisa berubah menjadi ikan lele.

Baca juga: Wow! Desa Tertinggi di Jateng Ternyata Lebih Tinggi dari Gunung Ungaran

Menurut sang juru kunci, ikan pertama yang menghuni Telaga Ranjeng adalah ikan wader. Seiring berjaalannya waktu, wader itu menghilang berganti dengan lele. Kemudian berganti lagi menjadi ikan mas.

Sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskan pergantian ikan di sana. Meski demikian, sejumlah orang mengaitkan fenomena tersebut dengan kisah misteri dan mitos yang selama ini beredar di Telaga Ranjeng Brebes.

Masyarakat setempat meyakini pergantian ikan di telaga berkaitan dengan kekuatan duna gaib. Mereka pun tidak berani mengambil ikan dari sana karena suatu mitos.

Baca juga: Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Kisah misteri itu menyebutkan mitos siapa pun yang mengambil ikan di Telaga Ranjeng akan mendapat malapateka.

Selain itu, warga juga mempercayai mitos keberadaan makhluk gaib di sekitar telaga. Salah satunya ikan lele raksasa atau raja ikan lele.

Kepercayaan terhadap mitos adanya raja ikan lele itulah yang menjadikan lele sebagai ikon Telaga Ranjeng Brebes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya