Misteri Hargo Dalem Gunung Lawu, Tempat Paling Sakral di Tanah Jawa

Hargo Dalem di Gunung Lawu merupakan tempat penuh misteri yang diklaim paling sakral di Tanah Jawa.

 Hargo Dalem Gunung Lawu. (Instagram)

SOLOPOS.COM - Hargo Dalem Gunung Lawu. (Instagram)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gunung Lawu yang membentang di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan Magetan, Jawa Timur, menyimpan sejuta legenda. Salah satunya adalah misteri Hargo Dalem yang disebut sebagai tempat paling sakral di Tanah Jawa.

Dikutip dari laman Merbabu.com, Senin (27/6/02022), menurut legenda, gunung bernama asli Wukir Mahendra ini merupakan lokasi kerajaan pertama di Pulau Jawa. Rajanya merupakan utusan dari kahyangan.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sejak zaman Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit pada abad ke-15 hingga zaman Kerajaan Mataram II, ada sederet upacara spiritual yang diselenggarakan di Gunung Lawu.

Bahkan sampai saat ini Gunung Lawu masih memiliki ikatan yang erat dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keluarga dua keraton kembar itu sering berziarah ke tempat-tempat keramat di Gunung Lawu.

Salah satu tempat bersejarah di Gunung Lawu adalah Hargo Dalem yang menyimpan misteri. Konon, tempat itu menjadi persinggahan terakhir Prabu Brawijaya V sebelum moksa.

Baca juga: Naik Gunung Lawu Dilarang Kenakan Pakaian Mrutu Sewu, Apa Itu?

Di Hargo Dalem terdapat sebuah tugu yang menandakan petilasan Prabu Brawijaya V. Kendati demikian, para sesepuh setempat tidak mengizinkan pembangunan makam mengatasnamakan Prabu Brawijaya V di kawasan Hargo Dalem.

Dalam artikel jurnal karya Mirza Krisna Gita Pratiwi bertajuk Mitos-Mitos di Gunung Lawu: Analisis Struktur, Nilai Budaya, dan Kepercayaan dijelaskan bahwa masih banyak masyarakat yang mempercayai kisah misteri di kawasan tersebut.

Hasil penelitian itu menjelaskan legenda moksanya Prabu Brawijaya di Hargo Dalem Gunung Lawu. Seorang informan penelitian mengatakan bahwa Prabu Brawijaya V berpesan jika ada yang mencarinya, maka tempatnya berada di Hargo Dalem.

Baca juga: Tangga ke Gunung Lawu Dibangun Agar Tak Ada Pendaki Tersesat

Tempat Sakral

Di balik mitos dan legenda yang dipercaya, keberadaan petilasan Brawijaya menunjukkan bahwa jalur pendakian Gunung Lawu sudah ada sejak lama. Bahkan diklaim sebagai jalur pendakian tertua di Tanah Jawa.

Pada malam 1 Sura biasanya para pendaki yang juga peziarah melakukan ritual di sejumlah petilasan di sana. Salah satunya adalah Hargo Dalem yang berada tepat di bawah puncak Hargo Dumilah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.

      Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo, Pertama sejak 50 Tahun Berdiri

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022), menjadi yang pertama bagi mereka sejak 50 tahun berdiri.

      14 Unit RTLH di Klaten bakal Dibangun Rumah Baru, di Sini Lokasinya

      Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah.

      Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

      Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

      Sebanyak 182 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten menerima remisi atau potongan hukuman pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Momen Abu Bakar Baasyir Ikuti Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo

      Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir, turut serta dalam upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Sejarah Desa Ponggok Klaten, Lokasi Air Melimpah dari Gunung Merapi

      Desa Ponggok terkenal dengan objek wisatanya, yaitu Umbul Ponggok.