SOLOPOS.COM - Hargo Dalem Gunung Lawu. (Instagram)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gunung Lawu yang membentang di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan Magetan, Jawa Timur, menyimpan sejuta legenda. Salah satunya adalah misteri Hargo Dalem yang disebut sebagai tempat paling sakral di Tanah Jawa.

Dikutip dari laman Merbabu.com, Senin (27/6/02022), menurut legenda, gunung bernama asli Wukir Mahendra ini merupakan lokasi kerajaan pertama di Pulau Jawa. Rajanya merupakan utusan dari kahyangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak zaman Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit pada abad ke-15 hingga zaman Kerajaan Mataram II, ada sederet upacara spiritual yang diselenggarakan di Gunung Lawu.

Bahkan sampai saat ini Gunung Lawu masih memiliki ikatan yang erat dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keluarga dua keraton kembar itu sering berziarah ke tempat-tempat keramat di Gunung Lawu.

Salah satu tempat bersejarah di Gunung Lawu adalah Hargo Dalem yang menyimpan misteri. Konon, tempat itu menjadi persinggahan terakhir Prabu Brawijaya V sebelum moksa.

Baca juga: Naik Gunung Lawu Dilarang Kenakan Pakaian Mrutu Sewu, Apa Itu?

Di Hargo Dalem terdapat sebuah tugu yang menandakan petilasan Prabu Brawijaya V. Kendati demikian, para sesepuh setempat tidak mengizinkan pembangunan makam mengatasnamakan Prabu Brawijaya V di kawasan Hargo Dalem.

Dalam artikel jurnal karya Mirza Krisna Gita Pratiwi bertajuk Mitos-Mitos di Gunung Lawu: Analisis Struktur, Nilai Budaya, dan Kepercayaan dijelaskan bahwa masih banyak masyarakat yang mempercayai kisah misteri di kawasan tersebut.

Hasil penelitian itu menjelaskan legenda moksanya Prabu Brawijaya di Hargo Dalem Gunung Lawu. Seorang informan penelitian mengatakan bahwa Prabu Brawijaya V berpesan jika ada yang mencarinya, maka tempatnya berada di Hargo Dalem.

Baca juga: Tangga ke Gunung Lawu Dibangun Agar Tak Ada Pendaki Tersesat

Tempat Sakral

Di balik mitos dan legenda yang dipercaya, keberadaan petilasan Brawijaya menunjukkan bahwa jalur pendakian Gunung Lawu sudah ada sejak lama. Bahkan diklaim sebagai jalur pendakian tertua di Tanah Jawa.

Pada malam 1 Sura biasanya para pendaki yang juga peziarah melakukan ritual di sejumlah petilasan di sana. Salah satunya adalah Hargo Dalem yang berada tepat di bawah puncak Hargo Dumilah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya