Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

 Gunung Tidar (Instagram/@gunungtidar)

SOLOPOS.COM - Gunung Tidar (Instagram/@gunungtidar)

Solopos.com, MAGELANG — Gunung Tidar yang berdiri di bagian selatan Kota Magelang, Jawa Tengah, dijuluki sebagai pakuny Tanah Jawa. Gunung dengan ketiggian 503 mdpl itu menyimpan sederet kisah misteri.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube Si Memen, Selasa (8/6/2021), ada dua legenda di balik Gunung Tidar, Legenda pertama menceritakan tentang paku bumi tanah Jawa. Dalam legenda ini, masyarakat tradisional Jawa meyakini bahwa Gunung Tidar adalah paku bumi di tanah Jawa.

Baca juga: Asale Pulau Jawa: Pecahan Australia – Dipaku di Gunung Tidar

Konon dahulu pulau Jawa berbentuk seperti perahu yang selalu terombang-ambing oleh gelombang laut dan sewaktu-waktu bisa terbawa arus laut.

Pulau Jawa kemudian dipaku dan paku bumi oleh dewa dari kahyangan dan berubah menjadi Gunung Tidar. Paku bumi Pulau Jawa itu konon berada di puncak Gunung Tidar yang berupa tugu dengan simbol huruf Sa dalam tulisan Jawa pada ketiga sisinya. Tugu tinggi menjulang itulah yang diyakini sebagai pakunya tanah Jawa.
Sejak saat itu, pulau Jawa dihuni oleh bangsa jin dan masyarakatnya sebagian besar memiliki ilmu kanuragan.

Baca juga: Mengungkap Legenda Paku Bumi di Balik Gunung Tidar Magelang

Nama Gunung Tidar berasal dari dua kata Bahasa Jawa, ‘Mati lan Modar’ (kalau tidak mati, ya mampus). Konon saat itu Gunung Tidar menjadi pusat kerajaan gaib di pulau Jawa karena dihuni oleh serangkaian bangsa jin sehingga siapapun yang masuk ke area Gunung Tidar dipastikan akan tewas.

Begitu kuatnya kepercayaan tradisional masyarakat Jawa saat itu, banyak ulama-ulama Agama Islam gagal untuk menyebarkan dakwah Islam di tanah Jawa. Hingga akhirnya datanglah sosok sakti dari Persia yang bernama Syekh Maulana Subakir yang hendak menyucikan Pulau Jawa dari kemusyrikan bangsa Jin dan menyebarkan dakwah Islam di tanah Jawa.

Baca juga: Kerajaan Mataram Islam di Balik Asale Tanah Jawa

Dalam peperangannya melawan bangsa jin, Syekh Subakir menancapkan tombak di Gunung Tidar dan akhirnya membuat bangsa jin terusir dari tanah Jawa dan mengungsi ke pantai selatan Jawa. Kemudian Sabda Palon yang merupakan pengasuh tanah Jawa menampakan diri dan menantang Syekh Subakir bertanding

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Ngeri! Atap Kelas Nyaris Ambrol, SD di Kudus Ini Masih Digunakan Siswa

Siswa sebuah sekolah dasar atau SD di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), diliputi perasaan waswas setiap belajar di ruang kelasnya karena kondisi bangunan yang telah rusak.

Pemandian Air Panas Krakal, Sensasi Spa Ala Jerman di Kebumen

Pemandian air panas Krakal di Kebumen, Jawa Tengah, dikenal sebagai Wiesbaden alias kota spa tertua di Jerman yang populer sejak zaman kolonial Belanda.

Ritual dan Pesugihan di Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil di Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi populer yang sering didatangi peziarah, termasuk untuk pesugihan.

Jejak Ki Semar di Gunung Srandil Cilacap, Sering Jadi Tempat Ritual

Gunung Srandil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi karena diyakini menyimpan petilasan Ki Semar, sang leluhur Tanah Jawa.

ShopeePay Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Kota Semarang

Penyelenggaran layanan pembayaran digital ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Gurihnya Bisnis Budidaya Bandeng di Jepara, Bisa Raup Rp123 Juta

Budidaya bandeng di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memiliki prospek yang menggiurkan.

Gawat! Alat Pemantau Gunung Api Sumbing Hilang Digondol Maling?

Alat pemantau Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hilang.

Asal-Usul Goa Jatijajar Kebumen, Berawal Dari Petani Mencabut Rumput

Goa Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah, ditemukan pada 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di atas goa tersebut.

Kronologi Suami Bunuh Istri di Semarang, Kabur Usai Ketahuan Warga

Peristiwa pembunuhan melibatkan suami dan istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Polda Jateng Raih Nilai Tertinggi ETLE Nasional, Ini Penyebabnya

Ditlantas Polda Jateng meraih nilai tertinggi dalam program ETLE Nasional Presisi, yakni program yang menjaring pelanggar lalu lintas melalui tilang elektronik.

Kejam! Pria di Semarang Bunuh Istri dan Kabur Bawa Anak

Peristiwa pembunuhan yang melibatkan suami terhadap istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (15/1/2022).

Kisah TKI asal Kudus, Gaji Tak Diberi Hingga Kena Deportasi

Kisah sedih berasal dari seorang perempuan asal Kabupaten Kudus yang menjadi TKI melalui agen penyaluran ilegal di Malaysia.

Tepergok Pemilik Rumah Saat Curi Uang, Kurir di Grobogan Ditangkap

Berdalih sedang tertilit utang, seorang kurir barang nekat mencuri uang di rumah pemilik paketan barang di Desa Bendoharjo, Kecamatan Gabus, Grobogan.

Berikut Prakiraan Cuaca Berbagai Daerah di Jateng Selama Sepekan

BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prakiraan cuaca di berbagai daerah di Jateng selama sepekan terkait cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir.

Geger! Mayat Misterius Ditemukan di Pantai Pungkruk Jepara

Penemuan sesosok mayat tanpa identitas atau misterius menghebohkan warga di Pantai Pungkruk, Kabupaten Jepara.