Gunung Gajah Mungkur yang ikonik di Kerjo, Kedungsono, Bulu, Sukoharjo, Jumat (15/11/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Siapa yang tidak tahu Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri? Selain sebagai tampungan air, waduk ini juga menjadi salah satu lokasi wisata andalan Kabupaten Wonogiri.

Nama Waduk Gajah Mungkur diadopsi dari nama salah satu pegunungan di sebelah barat waduk. Deretan pegunungan itu terlihat jalan raya Wonogiri-Sukoharjo ruas Krisak-Kantor Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Pegunungan itu menjadi latar pemandangan sawah di sebelah barat jalan tersebut. Pengguna jalan yang melintas menuju atau dari arah Sukoharjo atau Wonogiri pasti akan melihatnya saat menengok ke barat.

Densus 88 Tangkap Seorang Pria di Polokarto Sukoharjo

Tak sedikit orang rela menunggu matahari tenggelam (sunset) di balik gunung itu saat senja. Keindahannya kian eksotis saat cuaca cerah.

Saat momentum itu ada banyak orang yang mengabadikan keindahan panorama tersebut menggunakan kamera telepon selular (ponsel) maupun DSLR.

Tapi siapa sangka ternyata gunung itu tidak berada di wilayah Wonogiri. Hasil penelusuran Solopos.com, pegunungan berada di wilayah Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

“Saya hanya tahu lokasinya masuk wilayah Sukoharjo, tapi tepatnya di mana kurang tahu. Sejak kecil memperhatikan, tapi sampai sekarang belum tahu banyak soal gunung itu. Bikin penasaran,” kata Arum Ragil Pangestu, 21, warga Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, saat ditemui di kawasan kota Wonogiri, Jumat (15/11/2019).

Pelaku Tabrak Lari Tewaskan Polisi Sragen Menyerahkan Diri

Solopos.com menelusuri lokasi gunung tersebut lewat Kepatihan, Selogiri. Setiap warga yang Solopos.com temui menginformasikan namanya Gunung Gajah Mungkur. Nama gunung itu lah yang diadopsi untuk menamai Waduk Gajah Mungkur.

Lokasinya di Dusun Kerjo, Kedungsono, Bulu, Sukoharjo. Dari jarak cukup dekat, puncak gunung itu terdiri atas dua batu sangat besar. Dilihat dari kejauhan kedua batu itu seperti hanya bersebelahan.

Namun, warga menginformasikan jarak keduanya lebih kurang 50 meter. Menurut warga Tegalsari, Kepatihan, yang berbatasan dengan Kedungsono, puncak gunung itu dapat dicapai dengan berjalan kaki melalui Kerjo. Namun, medannya sangat curam dan terjal.

Rumah Sales Makanan di Nayu Solo Juga Digeledah Densus 88

Informasi lain menyebut puncak Gunung Gajah Mungkur dapat diakses menggunakan sepeda motor melalui Dusun Pringsewu, Gunungan, Manyaran, Wonogiri. Jarak Pringsewu dengan kawasan kota Wonogiri lebih kurang 30 km.

Untuk mencapainya, pengunjung harus memarkir kendaraan di hutan sekitar 500 meter dari puncak gunung lalu berjalan kaki. Yogi, 38, warga Selogiri yang pernah ke lokasi itu kepada Solopos.com mengatakan kawasan tersebut belum dibuka sebagai tempat wisata.

Kadang gunung itu kerap didatangi orang saat akhir pekan. Warga setempat menyebutnya Gunung Gajah Mungkur. Dia ke gunung itu belum lama ini karena ingin memuaskan rasa penasarannya. Sejak kecil dia melihat gunung itu, tetapi tak mengetahui lokasi dan wujudnya dari dekat.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten