SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kebersihan vagina yang merupakan area intim wanita wajib dijaga dengan benar. Nah, pernahkah vagina Anda terasa gatal, perih, dan lecet secara tiba-tiba? Lantas, apa penyebab lecet pada vagina?

Area kewanitaan yang selalu lembap rentan dipakai sebagai tempat bakteri berkembang biak. Perkembangbiakan bakteri menyebabkan masalah pada vagina, mulai dari berbau, berlendir, hingga gatal, dan lecet. Bukan cuma bakteri, ada berbagai hal lain yang menyebabkan vagina gatal dan lecet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika mengalami hal tersebut, Anda semestinya mendatangi dokter untuk mendapatkan bantuan. Dokterakan memberikan salep dan obat khusus yang mampu mengobati luka tersebut. Obat untuk menyembuhkan vagina yang lecet tidak boleh sembarangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dilansir Boldsky, Rabu (2/1/2019), obat oral seperti antibiotik hanya mampu menghilangkan rasa sakit pada wilayah vagina. Namun, luka yang terlanjut teriritasi itu harus mendapatkan perawatan khusus. Sebaiknya, hindari pemakaian sabun mandi yang tidak cocok dengan area kewanitaan.

Anda juga harus menjaga kebersihan celana dalam yang dipakai. Jangan memakai celana yang terlalu ketat. Pastikan celana dalam meresap keringat sehingga nyaman dipakai dan tidak menimbulkan rasa gatal. Bersihkan vagina dengan sabun khusus dan air hangat.

Jika tajut iritasi, Anda bisa membersihkan vagina dengan air rendaman dauh sirih. Sirih berkhasiat sebagai antiseptik, antibakteri, dan antioksidan yang membantu penyembuhan luka di kulit. Namun, jangan terlalu sering membersihkan vagina dengan air sirih karena dapat menghilangkan kelembapannya.

Tetapi, saat vagina sedang lecet, Anda bisa membersihkannya dengan air rebusan daun sirih. Siapkan 5-10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian, rebus daun sirih tersebut dengan 2,5 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Dinginkan air rebusan tersebut sebelum membasuh area vagina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya