SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salah satu desainer kostum garuda Maria Selena, Ning Wiyarti (Dokumentasi)

SOLO–Kostum Garuda yang dikenakan Maria Selena di ajang Miss Universe 2012 itu dibuat oleh desainer Solo Batik Carnival (SBC). Dialah Januar Pribadi dan Ning Wiyarti yang juga pengajar tari di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Januar Pribadi, pria kelahiran Jaten, Karanganyar ini menjelaskan  kostum Maria Selena dibuat dari sejumlah motif batik dengan warna-warna cerah yaitu merah, putih, kuning dan pink.

Dominasi warna merah dan putih dimaksudkan sebagai simbol bendera Indonesia.

Agar terlihat meriah, ia juga menambahkan sejumlah payet dan dan taburan permata swaroski. “Yah tetap tidak menghilangkan unsur glamornya,” tambah Yanuar.

Ditambahkan Yanuar motif batik yang digunakan cenderung motif-motif kontemporer.

Hal itu dimaksudkan agar kesan dalam kostum Maria pas dengan suasana glamournya. Meski demikian unsur-unsur klasik dalam kostum tersebut tetap tidak ditinggalkan.

Secara keseluruhan, kostum Maria, menurut Yanuar, mengambil tema-tema tentang Indonesia, mulai dari tentang gambaran mengenai burung garuda lewat bentuk-bentuk sayap, ekor dan mahkotanya.

Sejumlah ornamen dalam sayap-sayap kostum itu juga mengandung sejumlah simbol nasionalisme.

Sementara waktu pembuatan hanya sekitar sepuluh hari karena mepet dengan persiapan Maria Selena ke Las Vegas. Kostum tersebut, menurut Januar merupakan kostum karnaval paling ringan yang dibuatnya. Beratnya hanya sekitar lima kilogram dengan dominasi warna merah dan putih.

Kostum Putri Indonesia 2012, Maria Selena, yang dikenakan salah sesi kostum nasional di ajang Miss Universe 2012 ditasbihkan masuk dalam jajaran 10 besar kostum terbaik. Siapa sangka ternyata kostum itu hanya dibuat 10 jam?

Kostum Solo Batik Carnival itu dibuat oleh desainer Solo Batik Carnival. Kostum bercorak Garuda Merah Putih itu berhasil membawa Indonesia mendapat penghargaan sebagai 10 besar The Best Nasional Costume di ajang Miss Universe 2012, Kamis (20/12/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya