SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Indonesia menuntaskan misinya untuk meraih gelar juara umum ASEAN School Games (ASG) XI di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 18-25 Agustus 2019. Tak hanya itu, Skuat Merah Putih juga sukses melampaui target medali yang dicanangkan.

Indonesia merebut juara umum dengan torehan 43 emas, 34 perak, dan 24 perunggu. Indonesia mengungguli Thailand, yang harus puas menempati posisi runner up dengan torehan 24 emas, 34 perak, dan 24 perunggu. Sementara juara umum ASG sebelumnya, Malaysia harus puas di urutan ketiga dengan torehan 18 emas, 25 perak, 33 perunggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gelar juara umum ASG ini merupakan yang kali kedua diraih Indonesia sejak event olahraga antarpelajar se-Asia Tenggara itu digelar kali pertama di Thailand 2009 silam. Juara umum kali pertama diraih Indonesia saat ASG digelar di Brunei Darussalam, 2015 lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Chief de Mission Kontingen Indonesia, Yayan Rubaeni, mengaku bangga dengan pencapaian para pelajar Indonesia pada ASG kali ini. Terlebih lagi, atlet di beberapa cabang olahraga (cabor) mampu melampaui target pencapaian medali.

 “Alhamdulillah kita juara umum. Hari terakhir ini kita dapat 14 emas, salah satunya dari sepak takraw. Ini merupakan emas kali pertama sepak takraw selama penyelenggaraan ASG,” ujar Yayan saat dijumpai Semarangpos.com di GOR Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Kota Semarang, Selasa (23/7/2019).

Yayan mengatakan beberapa cabor yang melampaui target antara lain, pencak silat, bulu tangkis, renang, atletik, dan tenis.

Di pencak silat, target lima medali emas yang dicanangkan pemerintah mampu dilampaui para atlet pelajar dengan mengumpulkan 7 emas. Pun demikian dengan di cabor tenis. Target 2 emas, mampu dilampaui Janice Tjen dkk. dengan torehan 4 emas.

“Selain itu di bulu tangkis kita juga mampu melebihi target. Dari dua emas yang ditargetkan, para atlet kita justru menyapu bersih 7 emas. Sedangkan di atletik, target 8 emas mampu meraih 11 emas, renang ditarget 12 emas bisa 13 emas,” terang Yayan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya