SOLOPOS.COM - Scout Kelly (Engadget)

Misi luar angkasa mendulang kesuksesan, astronaut Scott Kelly akhirnya mengumumkan pensiun.

Solopos.com, WASHINGTON — Kurang dari sebulan setelah menyelesaikan misi luar angkasa, Scott Kelly, akan pensiun sebagai astronaut pada 1 April 2016 medatang. Kabar tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh pihak badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, di Washington D.C, AS.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Seperti yang diketahui, astronut Kelly bersama dua kosmonot asal Rusia, Mikhail Kornienko dan Sergey Volkov, berhasil kembali ke bumi setelah berhasil menyelesaikan misi luar angkasa selama nyaris satu tahun atau 340 hari.

Dalam misinya tersebut, mereka melakukan percobaan dan penelitian tentang ketahanan tubuh manusia apabila berada di luar angkasa dalam waktu yang lama.

Selama perjalanan kariernya sebagai ilmuwan sekaligus astronaut NASA, pria berkepala plontos ini berhasil mencatatkan berbagai prestasi gemilang. Tercatat, ia sudah melakukan misi luar angkasa sebanyak empat kali sejak 1996 dengan total waktu terbang ke luar angkasa 520 hari.

Rekor milsi luar angkasa tersebut hampir mengalahkan astronaut NASA sebelumnya, Jeff Williams, yang memiliki total waktu terbang sebanyak 534 hari.

Kendati tengah menjalankan misi di luar bumi saat itu, Kelly ternyata sangat aktif di media sosial, khususnya di Twitter. Seperti diketahui dia telah memosting lebih dari 700 foto tentang bumi dari luar angkasa.

Scott Kelly uga membagikan kegiatannya di orbit seperti bermain ping pong air dan bermain kejar-kejaran dengan memakai baju gorila. Dari postingannya yang menghibur dan memberi pengetahuan kepada para pengakses Internet atau netizen, ia juga mendapat komentar positif dari dari Administrator NASA, Charles Bolden.

“Kami segenap keluarga NASA dan komunitas ilmuwan sangat berterimakasih kepad Scott Kelly yang dengan senang hati mengorbankan seluruh waktunya untuk misi dan penelitian ini. Ia rela jauh dari orang-orang yang ia sayang, tidak bisa merasakan hembusan angin dingin saat musin salju, tidak bisa minum bir dan mandi air hangat” kata Bolden seperti diwartakan The Verge, Sabtu (12/3/2016).

Meski pensiun, Kelly akan tetap berpartisipasi dalam evaluasi misinya itu dan melakukan  beberapa penelitian namun tidak untuk terbang ke luar angkasa. Ia bahkan memberikan guyonan kepada media setempat dengan mengatakan akan membuat perusahaan yang menyediakan jasa pergi ke kuar angkasa di masa depan. “Mungkin 20 tahun mendatang, kalian bisa membeli tiket murah ke luar angkasa,” tukas Kelly. (Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya