Miris! Polisi Tolak Laporan soal Anjing Peliharaan Dikubur Hidup-Hidup

KPHI prihatin terhadap respons anggota Polres Manggarai yang menolak laporan kasus empat ekor anjing peliharaan yang dikubur hidup-hidup di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

 Perwakilan KPHI menyampaikan surat kepada Polres Manggarai NTT terkait kasus empat ekor anjing peliharaan yang dikubur hidup-hidup di Kecamatan Ruteng, Manggarai, NTT. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Perwakilan KPHI menyampaikan surat kepada Polres Manggarai NTT terkait kasus empat ekor anjing peliharaan yang dikubur hidup-hidup di Kecamatan Ruteng, Manggarai, NTT. (Istimewa)

Solopos.com, NTT — Koalisi Perlindungan dan Kesejahteraan Hewan Indonesia (KPHI) prihatin terhadap respons polisi terkait laporan kasus empat ekor anjing peliharaan yang dikubur hidup-hidup di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

KPHI menyebut polisi menolak laporan pemilik dari empat ekor anjing yang dikubur hidup-hidup tersebut. Menurut siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu (24/7/2022), Polres Manggarai yang disebut-sebut menolak laporan pemilik anjing tersebut.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Telah beredar luas di media sosial dari kasus video seekor induk anjing betina dikubur hidup-hidup beserta ketiga ekor anak anjing di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Koalisi Perlindungan dan Kesejahteraan Hewan [KPHI] mendapatkan laporan dan permintaan untuk mengawal kasus tersebut dari pemilik anjing,” tulis Co-Founder dari KPHI, Erika Kusuma, melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu.

KPHI menyampaikan keprihatinan dan meminta kepolisian bertindak tegas mengusut tuntas kasus seekor anjing bernama Boncel yang dikubur hidup-hidup beserta ketiga ekor anaknya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Erika menyatakan video terkait kasus tersebut telah beredar luas di media sosial dan mendapatkan perhatian dari masyarakat.

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari pemilik anjing tersebut Bapak Desiderianus Jebaru. Pengaduan tanggal 17 Juli 2022 telah ditolak oleh anggota kepolisian yang bertugas di Polres Manggarai. Kami sangat menyayangkan terjadinya hal tersebut,” ujarnya.

Baca Juga : Viral! Aksi Pria Kaus Merah Bunuh Anjing, Pelatih PSS Sleman Bereaksi

KPHI menukil Pasal 66 ayat (1) UU No 41/2014 bahwa “setiap orang dilarang menganiaya dan/atau menyalahgunakan hewan yang mengakibatkan cacat dan/atau tidak produktif.”

Kemudian, ayat (2) berbunyi “setiap orang yang mengetahui adanya perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib melaporkan kepada pihak yang berwenang.”

Lebih lanjut, tuturnya, KUHP juga mengatur pada Pasal 302, yakni ancaman pidana penjara paling lama tiga bulan atau pidana denda paling banyak Rp4.500 karena melakukan penganiayaan ringan terhadap hewan.

Usut Kasus Boncel

Selanjutnya, jika perbuatan itu mengakibatkan sakit lebih dari seminggu atau cacat atau menderita luka-luka berat lainnya atau mati, yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak Rp300 karena penganiayaan hewan.

KPHI juga mengutip Pasal 406 KUHP, yaitu ancaman pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak Rp4.500 terhadap orang yang dengan sengaja dan melawan hukum membunuh, merusakkan, membikin tak dapat digunakan atau menghilangkan hewan yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain.

Baca Juga : 52 Anjing Selundupan yang Diselamatkan di Kartasura Kondisinya Kritis

“Merujuk kepada aturan-aturan hukum di atas, menurut kami tindakan Bapak Desiderianus Jebaru untuk melaporkan hal tersebut sudah benar dan dijamin oleh ketentuan undang-undang yang berlaku. Namun sangat disayangkan tidak direspon positif oleh petugas kepolisian yang bertugas dengan alasan yang kurang berdasar,” jelasnya.

Pihak KPHI mengirimkan surat kepada Kapolres Manggarai untuk dapat memberikan atensi dan mengusut tuntas kejadian tersebut.

“Kesejahteraan hewan bukan wacana di Indonesia. Indonesia memiliki UU No.18/2009 yang diubah dengan UU No.41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Manusia wajib melakukan pemeliharaan, pengembangan, perawatan, dan pengayoman hewan dengan sebaik-baiknya. Hewan juga harus bebas dari rasa lapar, haus, rasa sakit, penganiyaan dan penyalahgunaan serta rasa takut dan tertekan,” ujar dia.

Ketua KPHI, Adhy Hane, menambahkan gerakan menentang kekejaman terhadap hewan juga telah banyak digaungkan oleh komunitas dan organisasi pemerhati kesejahteraan hewan di berbagai wilayah di Indonesia.

“KPHI menyampaikan keprihatinan yang sangat dalam dan meminta kepolisian untuk bertindak tegas mengusut tuntas kasus seekor anjing bernama Boncel yang telah dikubur hidup-hidup beserta ketiga anaknya oleh orang yang tidak bertanggung jawab.”

Baca Juga : Canon Mati Seusai Ditangkap Satpol PP Aceh, SAS Solo Tuntut Pengusutan

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Lewat lagunya berjudul Kanjuruhan, Iwan Fals menunjukkan konsistensinya sebagai musisi yang menyuarakan kegelisahan hati masyarakat di balik Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sekitar 130 orang. Kritik sosial tercermin dari setiap lirik lagunya yang terasa getir dan menyayat hati.

      Berita Terkini

      Menkes Ungkap Tiga Aspek Penting Pelayanan Kesehatan KTT G20

      Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tiga aspek penting terkait kesiapan pelayanan kesehatan yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelang KTT G20 pada November 2022.

      Raja Charles III Ungkapkan Duka Cita atas Tragedi Kanjuruhan

      Raja Charles III menyampaikan duka cita atas tragedi Kanjuruhan yang memakan 131 korban jiwa pada 1 Oktober 2022.

      Solopos Hari Ini: Audit Sepak Bola

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan audit penyelenggaraan pertandingan sepak bola lewat tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF).

      PHRI Proyeksi Okupansi Hotel pada September 2022 Terus Menurun

      Pada dasarnya pasar sektor pariwisata khususnya hotel bergantung pada kegiatan wisata atau leisure dan korporasi/pemerintahan.

      Pedagang Sebut Beras Ilegal Asal Vietnam Masuk RI, Begini Respons Bapanas

      Wakil Ketua Perpadi Billy Haryanto mengatakan beras selundupan dari Vietnam sekali bongkar di Pelabuhan Kuala Tungkal, Jambi, bisa mencapai 3.000 ton.

      Besok, Kementerian PUPR Umumkan Penyesuaian Tarif Tol

      Sudah ada beberapa tarif ruas tol yang diproses untuk penyesuaian hingga akhir tahun ini. Adapun penentuan besarannya masih harus menunggu penandatanganan amandemen baru.

      Ma’ruf Amin Bahas Isu Lingkungan dan Perubahan Iklim saat Terima Dubes Mesir

      Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai 75 tahun hubungan Indonesia-Mesir merupakan momentum penting dalam perjalanan diplomatik kedua negara. 

      Dewan Bisnis EU-ASEAN Gelar KTT ke-10 di Belgia

      Dewan Bisnis Uni Eropa (European Union/EU) dan ASEAN akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) ke-10 sebagai bentuk memperkuat kerja sama bisnis di Brussels, Belgia, 13 Desember 2022. 

      Pengusungan Anies Jadi Capres 2024 Berpotensi Belah Pendukung Nasdem

      CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024 merupakan langkah berani Partai NasDem. 

      Presiden Filipina Berencana Beli Minyak Rusia, Barat Ingin Moskow Dihindari

      Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengatakan negaranya mungkin membeli minyak Rusia untuk memenuhi kebutuhan bahan bakarnya di tengah lonjakan harga energi global. 

      Jika China Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terancam Turun 0,3%

      Center of Economic and Law Studies atau Celios menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terdampak jika China mengalami resesi. 

      Pesparani Katolik Nasional II Usung Tema Persaudaraan

      Lembaga Pembinaan Pengembangan Pesparani Katolilk Nasional (LP3KN) kembali menggelar Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik II setelah vakum dua tahun pada 28-31 Oktober 2022, di Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

      Politikus Kembali Narasikan Penolakan Penetapan Tarif Cukai Rokok

      Kalangan politikus kembali menyuarakan penolakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) pada 2023 yang akan ditetapkan Kementerian Keuangan dalam waktu dekat.

      Kejagung Panggil Susi Pudjiastuti Urai Kasus Impor Garam Industri

      Kejaksaan Agung (Kejagung) akan melakukan pemeriksaan terhadap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti terkait dugaan tindak pidana korupsi fasilitas impor garam industri periode 2016-2020.

      Demokrat Rayu Nasdem dan PKS Duetkan Anies-AHY

      Partai Demokrat ingin mengajukan duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. 

      Biaya Pelatihan Kartu Prakerja Tahun Depan Naik Rp3,5 Juta

      Pemerintah bersepakat melanjutkan program Kartu Prakerja dengan skema normal pada 2023 mendatang, bahkan bakal menyesuaikan besaran bantuan yang diterima oleh peserta program.