SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri sepeda motor. (astramotor.co.id)

Solopos.co, BANTUL — Aparat Polres Bantul menangkap seorang murid sekolah dasar (SD) di Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, karena kedapatakan mencuri sepeda motor milik tetangganya.

Bocah berinisial AA, 13, itu mencuri sepeda motor Honda Supra berpelat nomor AB 3187 KT. Pencurian itu didasari karena AA ingin memiliki kendaraan sendiri.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan pencurian ini diperkirakan terjadi pada Selasa (30/5/2023) subuh. Saat itu, ada tetangga korban hendak ke masjid untuk melaksanakan salat Subuhmelihat sepeda motor milik korban terparkir di depan rumah.

Namun, saat kembali dari masjid, sepeda motor itu sudah tidak ada.

“Saksi kemudian memberitahukan kepada korban,” kata dia, Minggu (4/6/2023).

Mengetahui sepeda motornya hilang, korban bernama Ernawati Dwi Astuti, 49, kemudian langsung melapor ke polisi. Petugas kemudian ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan penyelidikan. Hasil penyelidikan awal, polisi mencurigai pelaku orang yang tidak jauh dari rumah korban.

Tak berselang lama, tepatnya pada Kamis (1/6/2023) petugas menerima informasi dari Bhabinkamtibmas setempat bahwa warga mengamankan seorang bocah yang diduga sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor itu.

“Jadi motornya itu digunakan sendiri oleh AA. Pada saat AA melintas, ada warga yang melihat dan curiga kalau motor yang digunakan itu mirip dengan motor korban yang hilang,” ujarnya.

Dalam aksinya, AA menggunakan kunci sepeda motor yang sebelumnya ditemukan di jalan. Kunci tersebut cocok dan bisa dipakai untuk menghidupkan motor korban.

“Kunci motornya sudah rusak, atau los. Jadi sembarang kunci bisa masuk,” ujar Jeffry.

Dalam perkara ini, AA yang merupakan anak di bawah umur tidak dikenakan hukuman penjara. Sebagai gantinya, AA didampingi orangtuanya dikenakan wajib lapor di Mapolsek Banguntapan dua kali dalam sepekan sebagai bentuk pembinaan.

“Korban juga sudah memberikan maaf kepada bocah tersebut dan memilih diselesaikan secara kekeluargaan.”

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Memprihatinkan! Pengin Punya Kendaraan, Bocah SD Curi Sepeda Motor Tetangganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya