SOLOPOS.COM - Ilustrasi Desa Bancak di Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang. (bancak.id)

Solopos.com, UNGARAN — Tak hanya menyandang predikat sebagai kecamatan paling lengang atau tersepi di Kabupaten Semarang, Kecamatan Bancak rupanya juga minim fasilitas pendidikan. Bahkan, Bancak merupakan satu dari dua kecamatan di Kabupaten Semarang yang tidak memiliki bangunan fasilitas pendidikan sekolah menengah atas atau SMA.

Fakta tersebut diketahui dari data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Semarang dalam Kabupaten Semarang Dalam Angka 2023. Dalam data tersebut, setidaknya ada dua kecamatan di Kabupaten Semarang yang tidak memiliki fasilitas pendidikan SMA baik negeri maupun swasta. Selain Bancak, kecamatan itu adalah Pringapus.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Padahal secara jumlah siswa SMA, Bancak terbilang cukup tinggi. Jumlah siswa atau pelajar SMA di Kecamatan Bancak mencapai 1.271 orang.

Jumlah pelajar SMA di Bancak ini bahkan menempati urutan kelima terbanyak di antara 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Urutan pertama pelajar atau siswa SMA terbanyak ditempati Kecamatan Ungaran Barat dengan jumlah mencapai 4.545 siswa. Kemudian Tengaran dengan jumlah pelajar SMA mencapai 3.041 orang, Kecamatan Jambu dengan jumlah mencapai 1.467 orang dan Kaliwungu sekitar 1.465 siswa.

Kendati demikian, dari segi fasilitas pendidikan, Bancak yang menjadi kecamatan tersepi di Kabupaten Semarang itu cukup tertinggal. Di Kecamatan Bancak tidak ada satu pun bangunan SMA baik negeri maupun swasta. Kecamatan ini hanya memiliki satu fasilitas pendidikan bagi pelajar yang ingin melanjutkan jenjang sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) berupa SMK. Itu pun jumlahnya hanya satu unit.

Sementara itu, fasilitas pendidikan berupa TK atau Raudatul Athfal (RA) mencapai 8 unit. Bangunan SD atau MI sekitar 19 unit, serta SMP dan Mts sekitar 2 unit yang terdiri dari 2 SMP negeri dan 2 Mts swasta atau milik yayasan.

Diberitakan sebelumnya, Bancak yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali dan Grobogan merupakan kecamatan paling lengang atau tersepi di Kabupaten Semarang. Hal ini dilihat dari tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Bancak yang mencapai 539 jiwa per km persegi.

Sementara di urutan kedua ditempati Kecamatan Sumowono dengan kepadatan penduduk 587 jiwa per km persegi, Kecamatan Pringapus dengan kepadatan penduduk 686 jiwa per km persegi di posisi ketiga.

Sedangkan posisi keempat kecamatan tersepi di Kabupaten Semarang ditempati Bringin dengan kepadatan penduduk 691 jiwa per km persegi dan urutan kelima dihuni Getasan dengaan kepadatan penduduk sekitar 786 jiwa per km persegi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya