SOLOPOS.COM - Para veteran berfoto bersama Menhan Prabowo Subianto, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka seusai peringatan Hari Veteran Nasional di Auditorium UNS Solo, Kamis (10/8/2023). (Istimewa/Humas UNS Solo)

Solopos.com, SOLO—Wakil Ketua Umum I DPP LVRI, Muzani Syukur, menyebut gaji pensiunan yang diterima para veteran Indonesia memprihatinkan.

Muzani mengatakan saat ini para veteran hanya mendapatkan tunjangan veteran (Tuvet) senilai Rp875.000 dan dana kehormatan (Dahor) senilai Rp925.000, sehingga total hanya mendapatkan pensiun senilai Rp1.813.000. 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Jauh dibawah upah minimum regional [UMR] sehingga banyak anggota veteran yang hidup dalam kondisi kekurangan,” kata dia dalam sambutan peringatan hari veteran nasional di UNS Solo, Kamis (10/8/2023).

Dia mengatakan banyak para veteran yang hidup memprihatinkan. Muzani menyampaikan cukup banyak veteran yang menempati rumah yang tidak layak huni. Pada momentum itu dia berharap pemerintah turut membangun dan memperbaiki rumah para veteran itu. 

“Besar harapan kami pemerintah melalui kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang] dan BUMN [Badan Usaha Milik Negara] untuk merenovasi rumah veteran tidak layak huni,” kata dia.

Dia menginginkan adanya kenaikan nominal tunjangan pensiun bagi para veteran hingga minimal bisa mendekati UMR. Dengan begitu, kesejahteraan mantan prajurit pada masa perang kemerdekaan itu bisa meningkat. 

“Dan apabila kondisi keuangan negara memungkinkan untuk menaikkan besaran tuvet dan dahor sehingga mendekati UMR,” kata dia.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengaku bakal mencatat usulan menaikkan besaran Tuvet dan Dahor. Terlebih, menurut dia, kondisi negara saat ini dalam keadaan yang lebih baik sehingga usulan itu memungkinkan untuk direalisasikan.

“Permintaan saudara [renovasi rumah dan kenaikan dana pensiun veteran] tadi saya catat dan kita perjuangkan,” kata dia. 

Dia mengatakan usulan dan permintaan LVRI itu juga bakal disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Karena kondisi [negara] semakin baik, akan saya coba usulkan ke presiden untuk kita coba memperbaiki kondisi-kondisi dimanapun saudara sekalian [tinggal],” kata dia.

Pada kesempatan itu, Prabowo Subianto didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadiri peringatan hari veteran di Auditorium GPH Haryo Mataram, UNS Solo, Kamis (10/8/2023). Prabowo mengenakan jas, sementara Gibran mengenakan batik cokelat. Keduanya juga duduk bersebelahan di kursi paling depan bersama Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya