SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tragis, jalan hidup yang diambil ibu muda asal Gunungkidul di kawasan yang tak jauh dari wilayah perbatasan Bantul. Demi memenuhi kebutuhan air bersih saat kemaru mahal, dia nekat ‘menjual diri’.

Sebut saja namanya Kembang (bukan nama sebenarnya), 30. Dia terpaksa melayani pria hidung belang di kawasan pantai selatan Bantul demi air.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

“Itung-itung bisa sedikit membantu  untuk membeli air buat keluarga dan orang tua. Di daerah kami sudah beberapa kali warganya harus membeli air dari tangki swasta. Harganya mahal sekali,” katanya, Selasa (13/9),

Ibu dua putra itu mentatakan beban ekonomi di musim kemarau meningkat tajam. Dia sudah dua kali membeli air 10.000 liter seharga hampir Rp300.000 dari seorang sopir truk. Kini stok air dirumahnya konon tinggal tersisa beberapa liter.

“Saya sudah tinggal terpisah dari orang tua, jadi saya harus memikirkan orangtua yang juga mengalami kesulitan air bersih. Lagipula, kedua orangtua saya petani miskin yang tidak memiliki pendapatan cukup untuk membeli air,” paparnya.

Namun Kembang mengaku hasil dari kencan dengan tamunya tak hanya semata-mata untuk mencukupi kebutuhan mendesak air bersih yang menjadi barang berharga tersebut. Uang dari menjual tubuhnya juga digunakan untuk menyumbang acara hajatan kenalannya dan mengangsur sepeda motor kredit.

“Suami sudah beberapa tahun kabur tanpa memberi kabar,” ujarnya.

Koordinator Lembaga Perempuan Penggerak Ekonomi Rakyat (Pukat) Gunungkidul Rino Caroko menyatakan kemarau dan tingginya kebutuhan warga untuk membeli air membawa dampak sosial bagi perempuan di Gunungkidul. Terlebih, kondisi tidak menguntungkan dalam rumah tangga cenderung menempatkan perempuan sebagai korban yang selalu terbebani menopang hidup keluarga.

“Dampak sosial ini perlu menjadi perhatian seluruh pihak, termasuk pengambil kebijakan agar krisis air tidak berkepanjangan,” pungkas Rino.(Wartawan Harian Jogja/Endro Guntoro)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya