SOLOPOS.COM - Tangkapan layar interview pribahasa. (Tiktok/iban_ma)

Solopos.com, SOLO — Kreator Tiktok @iben_ma membagikan video yang berisi wawancara membandingan pengetahuan anak zaman sekarang soal fenomena "tarik ses" dan peribahasa. Namun sayang, anak-anak tersebut justru tidak tahu satupun peribahasa yang diajukan. Jawaban mereka pun membuat netizen merasa miris dengan kondisi tersebut.

Gegara TikTok, Suami Siram Istri Diduga Dengan Air Keras

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video tersebut dibagikan Iban pada Selasa (10/11/2020). Dalam video Tiktok berdurasi kurang dari satu menit tersebut, Iban meminta beberapa anak untuk melengkapi beragam peribahasa terkenal. Beberapa diantaranya adalah “Tong kosong nyaring bunyinya”, “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”, dan “Besar pasak daripada tiang”.

“Lengkapi peribahasa berikut ini. Berakit-rakit ke hulu?” tanya Iban pada anak yang mengenakan kaos garis-garis. “Berekat-rekat terhulu,” jawab anak tersebut. Iban kembali mengulang pertanyaannya. Anak tersebut justru menjawab “Berenang-renang melulu,” saut anak tersebut.

Iben kemudian menggganti pertanyaannya, dengan peribahasa yang berbeda. “Tong kosong?” tanya Iben. “Enggak tahu bang,” jawab anak itu. Dari beberapa anak yang diminta Iben untuk melengkapi peribahasa tersebut, taka da satupun yang berhasil melengkapinya. Anak-anak tersebut malah tampak kebingungan dengan peribahasa yang Iben tanyakan tadi.

Viral Video Sampah Penuhi Lautan Bikin Susi Pujiastuti Menangis

Lebih Tahu Tarik Ses

Selanjutnya Iben menyebutkan salah satu jargon yang hits belakangan ini, yakni “Tarik ses, semongko.” Lucunya anak-anak tersebut lebih tahu jargon tersebut, daripada peribahasa yang disebutkan tadi. Hal ini terlihat ketika Iben meminta mereka untuk meneruskan jargon tersebut.

“Tarik ses,” tanya Iben. “Semongko,” jawab semua anak.

@iben_maInterview Peribahasa ??? #semongko? buttercup by jack stauber - kazuki Dio

Melihat hal itu, ia pun langsung tertawa. Pasalnya anak-anak zaman sekarang lebih mengenal jargon yang viral tersebut, dibandingkan peribahasa yang telah ada bertahun-bertahun. Hingga kini Video tersebut sudah mendapat lebih dari 5,2 juta views, dan disukai lebih dari 390.100 pengguna Tiktok. Banyak netizen yang juga ikut mengomentari unggahan video tersebut.

Party in the USA Miley Cyrus Kembali Viral Menyusul Kemenangan Biden-Harris

Komentar Netizen

kontennya bagus bgt!! Menyindir anak muda skrg yg lebih hapal trend dibandingkan pengetahuan di sekolah,” ujar akun Tiktok @WeAreOne.

Woy ini kelahiran berapa? Itu pasaran banget loh pribahasanya,” kata akun Tiktok @harimau.

Jd penasaran, kurikulum skrg ini ngajarin pribahasa ga sih,, kok semuanya gak tau,” kata akun Tiktok @RandyDhm.

Gue dulu smp beli buku kumpulan peribahasa sm pantun yaAllah, nangis pd gtau anak sekrang,” ujar akun Tiktok @dith.

Donal Logue Perankan Brian Irons di Reboot Resident Evil

Kreator Tiktok ini memang sering membagikan konten-konten wawancara pengetahuan umum seperti diatas. Dalam laman Tiktoknya, Iben pernah membuat wawancara seputar tokoh pahlawan yang berpengaruh di Indonesia, Pancasila, penyanyi Indonesia zaman dulu, hingga pertanyaan seputar matematika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya