Jalan Pahlawan atau depan Balai Kota Madiun kini memiliki wajah seperti kawasan Malioboro Jogjakarta, Kamis (16/1/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Sejumlah orang bercengkerama dan sibuk mencari spot foto selfie yang menarik di Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Kamis (16/1/2020) siang.

Dalam beberapa pekan terakhir, Jl. Pahlawan di depan Balai Kota Madiun memang menjadi perbincangan dan ramai dikunjungi orang. Hal ini karena jalan tersebut kini menjadi seperti Jl. Malioboro di Jogja.

Pemerintah Kota Madiun memang menata pedestrian di Jl. Pahlawan seperti di Jl. Malioboro yang tersohor itu. Meski memang tidak 100% mirip dengan kawasan Malioboro , tetapi kawasan Jl. Pahlawan Kota Madiun kini bisa menjadi alternatif masyarakat setempat untuk melepas penat dan mencari foto yang Instagramable.

Setelah ditata, kini trotoar di kawasan tersebut lebih lebar. Pemkot juga menyediakan deretan kursi untuk warga beristirahat atau bercengkerama. Di beberapa lokasi bahkan ada kursi yang dilengkapi dengan meja.

Di kawasan tersebut juga ditanami belasan pohon dan berderet lampu hias bak di kawasan Malioboro.

Kawasan Jl. Pahlawan ini mampu menyedot perhatian masyarakat, terutama kawula muda. Terlebih pada saat malam Minggu, kawasan ini akan dipadati pengunjung.

Tidak hanya dinikmati masyarakat Kota Madiun, kawasan Jl. Pahlawan ini juga menjadi jujukan warga daerah tetangga.

Seorang pengunjung, Evitria, 20, mengatakan jauh-jauh datang dari Kabupaten Magetan untuk mencari spot foto menarik di kawasan Malioboro ala Madiun ini. Dia datang ke Madiun bersama temannya, Ulva Widyaningrum.

Evi datang ke kawasan ini karena tertarik untuk berfoto selfie dengan latar belakang kawasan yang seperti Malioboro tersebut. Dia melihat berbagai foto kawasan Jl. Pahlawan di sosial media yang cukup menarik.

"Sebenarnya sering sih lewat sini. Tapi enggak kepikiran kalau kawasan ini bagus. Setelah lihat gambar-gambar di sosmed, akhirnya kami ke sini untuk berfoto," kata salah satu karyawan swasta di Kabupaten Magetan ini.

Ulva juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya, kawasan ini bisa menjadi pelepas rindu akan suasana Malioboro di Jogjakarta.

"Kalau ke Jogja kan jauh, ya mending di sini deket dari rumah. Ya kalau dibuat foto sudah bagus lah," kata dia.

Wali Kota Madiun, Maidi, menuturkan revitalisasi jalur pedestrian di Jl. Pahlawan ini memang mencontoh kawasan Malioboro. Hal ini sebagai upaya mendukung kegiatan perekonomian dan pariwisata di Kota Madiun.

Dia menuturkan penataan kawasan pedestrian ini baru sebagian dilakukan yaitu dari depan Bank Mandiri sampai Jl. Perintis Kemerdekaan atau di depan Balai Kota. Sedangkan untuk revitalisasi trotoar menyambung dari Stasiun Madiun hingga Perempatan Tugu akan dilakukan secara bertahap pada 2020.

"Di kawasan tersebut ada bangku-bangku taman yang bisa dimanfaatkan untuk pengunjung," kata dia.

Maidi menyampaikan pemilihan Jl. Pahlawan ini karena kawasan tersebut selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi pusat perbelanjaan dan pusat keramaian Kota Madiun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten