SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menghadiri Sarasehan Kades se-Jateng di Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Senin (5/6/2023). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, akan mengikuti sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terang-terangan akan cawe-cawe, atau ikut campur dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Jika Jokowi akan cawe-cawe dalam Pilpres 2024, maka Ganjar mengaku siap cawe-cawe dalam Pilgub Jateng 2024.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat menghadiri acara Sarasehan Kades se-Jateng di Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Senin (5/6/2023). Ganjar mengaku siap cawe-cawe di Pilgub Jateng 2024, terutama jika ada kader partainya, PDIP, yang turut serta dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia pun menyatakan akan mendukung kader PDIP yang bertarung memperebutkan kursi Gubernur Jateng periode 2024-2029. Ia juga tak akan segan ikut cawe-cawe demi memenangkan rekan sesama kader PDIP itu.

“Kalau kadernya PDIP [maju Pilgub Jateng] ya wajib to [cawe-cawe]. Pasti saya jadi jurkam [juru kampanye],” jawabnya singkat.

Sebelumnya, Ganjar juga menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang akan cawe-cawe dalam kontestasi Pilpres 2024. Ia kala itu menjawab singkat pertanyaan wartawan seusai melakukan Konsolidasi PDIP Boyolali untuk Pemenangan Pilpres 2024 bersama Ganjar di Semar Resto, Boyolali, Kamis (1/6/2023).

“Pak Jokowi kan kader partai [PDIP] juga. Pasti dia akan menggunakan hak pilihnya [dalam Pilpres 2024],” ujarnya.

Ganjar juga mengaku telah mendapat dukungan dari sukarelawan pendukung Jokowi. Pada Kamis sore itu, Ganjar juga meresmikan Rumah Aspirasi Relawan Jokowi. Sedangkan pada hari Sabtu (3/6/2023), ia juga mengumpulkan seluruh relawan.

Ganjar mengaku Jokowi akan memberikan akses bagaimana untuk memahami politik dunia internasional dan sikap Indonesia. “Pak Jokowi adalah mentor saya, Pak Jokowi lah yang memberikan akses kepada saya, untuk bisa memahami bagaimana politik dunia internasional dan bagaimana sikap Indonesia. Maka kita wajib junjung terus, wajib membereskan apa yang menjadi PR-nya,” katanya.

Sekadar informasi, Pilgub Jateng akan digelar bersamaan dengan Pilkada seluruh Indonesia. Di mana tahap pemungutan suara atau pencoblosan digelar pada 27 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya