SOLOPOS.COM - Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean (kiri) melempar botol miras saat pemusnahan hasil miras operasi penyakit masyarakat (pekat) di depan Mapolres Wonogiri, Kamis (18/6/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Miras Wonogiri ini terkait pemusnahan ribuan botol miras hasil razia polisi.

Solopos.com, WONOGIRI – Sebanyak 2.335 botol minuman keras (miras) berbagai merek serta 1.829 liter miras cair dimusnahkan di depan Polres Wonogiri, Kamis (18/6/2015). Pemusnahan dilakukan menggunakan stoomwals untuk menggilas botol-botol cairan maksiat itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain dilindas stoomwals, miras hasil operasi penyakit masyarakat (pekat) dari 25 Polsek se-Polres Wonogiri sejak Januari hingga Juni 2015 juga dibuang ke parit depan Polres Wonogiri. Miras yang langsung dibuang ke parit adalah miras jenis ciu yang dimasukkan ke dalam jerigen ukuran 40 liter dan botol bekas air mineral.

Ekspedisi Mudik 2024

Pantauan , kegiatan itu sempat ditinggalkan tamu undangan karena stoomwals ngadat akibat kunci rusak. Selang 10 menit kemudian mesin stoomwals menyala dan botol-botol miras dilindas hingga pecah berantakan.

Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, mengharapkan pemusnahan miras bisa memberi rasa nyaman bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Pemusnahan miras secara rutin bisa mengingatkan kepada penggua untuk tidak lagi mengonsumsi miras. Keberhasilan penyitaan miras ini juga peran serta masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan instansi terkait,” kata dia.

Wakil Ketua DPRD Wonogiri, Edy Santoso dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Kemanusiaan untuk Beragama (LPKUB) Wonogiri, Nurhadi Syafei mengapresiasi langkah Polres Wonogiri memusnahkan miras.

“Pemusnahan miras bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali atau empat bulan sekali. Tak hanya mengambil momentum awal Ramadan,” kata dia.

Nurhadi Syafei menjelaskan miras menjadi sumber tindak kriminalitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya