MIRAS OPLOSAN SOLO : Pesan Lagu Oplosan-Banyu Setan: Tutupen Botolmu!

 Capture OM Sagita membawakan lagu Oplosan (Youtube)

SOLOPOS.COM - Capture OM Sagita membawakan lagu Oplosan (Youtube)

Solopos.com, SOLO  — Pesta miras oplosan di Solo telah merenggut dua nyawa. Kendati kasus miras oplosan sering berujung kematian, namun konsumen miras oplosan masih saja ada.

Kasus miras oplosan Solo membuat miris banyak orang. Sebagaimana yang disampaikan di Twitter @soloposdotcom. Bahkan sejumlah warga Twitter mengaitkan kasus miras oplosan dengan lagu Oplosan yang belakangan lagi booming diputar di sejumlah pertunjukkan dangdut.

PromosiPentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

@ADsatu & @Kopi_Jozz, “Tutupen botolmu,tutupen oplosan’mu..:v @soloposdotcom: MIRAS OPLOSAN SOLO : Korban Tewas Pesta (cont) http://tl.gd/mv1c0h.”

@samanthalizaa, Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu @soloposdotcom: MIRAS OPLOSAN SOLO : Pesta Minuman Keras, 1 Tewas.”

@toniplochow, “Rung ngerti lagu oplosan berarti » RT @soloposdotcom: MIRAS OPLOSAN SOLO : Pesta Minuman Keras, 1 Tewas.”

@alifsulthoni, “Sngguh memprihatinkan :'( RT @soloposdotcom: MIRAS OPLOSAN SOLO : Pesta Minuman Keras, 1 Tewas.”

Bagaimana lagu Oplosan atau dalam versi bahasa Jawa lagu ini diberi judul Banyu Setan

Lagu dangdut berjudul Oplosan sebenarnya sudah meledak setahun lalu dan sering dinyanyikan di pentas-pentas dangdut Tanah Air.

Lirik yang dibuat dalam beberapa versi bahasa tersebut, mengandung pesan untuk menjauhi minuman keras oplosan. Disamping berbahaya untuk kesehatan, minuman keras hanya akan memnbuang uang tak ada manfaat yang bisa diambil.

Dalam akun berbagi video Youtube, lagu Oplosan menjadi populer hingga meraih ratusan ribu viewer. New Palapa misalnya, video yang diunggah oleh Evan Soeblack mampu meraih 446.225 penonton. Bukan hanya untuk diperdengarkan, lagu tersebut seharusnya menjadi sebuah pesan bagi masyarakat akan pentingnya kesadaran untuk menjauhi segala macam minuman keras.

Dalam berita terbaru seperti diberitakan Solopos.com, Minggu (17/11/2013), Sebanyak 2 orang tewas akibat minum minuman keras oplosan di Solo. Korban tewas  yakni Wasito 47, dan Suryo Pramono, 28, sedangkan tiga korban lainnya masih dalam perawatan. Kejadian itu bermula saat mereka mereka mengerjakan renovasi rumah disalah satu tetangganya di Kampung Bibis Baru, Solo. Disela-sela pekerjaan, mereka mengkonsumsi minuman keras yang telah dicampurkan minuman suplemen sebelumnya.

Seharusnya masyarakat harus menyadari akan bahaya mengkonsumsi minuman keras, seperti yang telah disampailkan dalam lagu dangdut Oplosan. Bahkan dalam pesan lagu tersebut menegaskan bahwa minum minuman keras sama halnya menaruhkan nyawa.

Mau tahu lagunya? Simak Video di atas ya…

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Kian Menjanjikan, Begini Kiat Bisnis Usaha Bunga Papan

Pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menggerakkan ekonomi Solo termasuk bisnis bunga papan.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

Kenapa Wanita Hamil Ngidam? Ini Penjelasannya

Tidak sedikit wanita hamil mengalami ngidam atau ingin menyantap makanan tertentu, kenapa hal ini bisa terjadi?

Ini Momen Presiden Jokowi Lepas Masker saat Bertemu Warga Solo

Presiden membagikan bantuan modal kepada pedagang di Pasar Gede dan Pasar Harjodaksino Solo

Sambut HUT ke-25, Solopos Salurkan Bantuan ke PSAA Hosana Karanganyar

Solopos Media Group menyalurkan bantuan ke PSAA Hosana di Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, dalam rangka HUT ke-25 Solopos.

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Catat! Deretan Acara Wisata di Bantul Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, akan menggelar kembali berbagai acara wisata untuk menarik kunjungan wisatawan pada tahun ini.

Resmi! Turnamen Piala Wali Kota Surabaya Batal Digelar

Asprov PSSI Jawa Timur membatalkan Piala Wali Kota Surabaya karena berdekatan dengan agenda pramusim Piala Presiden 2022.

Begini Kocaknya Bio One Cs Dari Film Srimulat Saat Kunjungi Solopos

Para aktor, sutradara, dan kru film Srimulat: Hil Yang Mustahal tampil kocak dengan lelucon-lelucon saat mengunjungi Griya Solopos di Solo.

Kian Mahal, Ini Daftar Harga Rokok Terbaru Berdasarkan Merek

Kenaikan harga rokok tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.

H-1 Penutupan Pasar Hewan, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan Boyolali

Tim gabungan menggelar sosialisasi penutupan pasar, pengecekan hewan, hingga penyemprotan disinfektan sehari menjelang penutupan pasar hewan di Boyolali, Kamis (26/5/2022).

Mau Pesta di Luar Rumah, JBL PartyBox On The Go Siap Menemani

Produk JBL PartyBox On The Go, adalah speaker yang bisa dibawa kemana saja yang dilengkapi mikrofon nirkabel (wireless mic).

Foto-Foto Presiden Jokowi Blusukan di Pasar Gede Solo

Presiden membagikan paket sembako dan bantuan modal usaha bagi pedagang pasar untuk mendorong pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19