Minyak Kayu Putih Untuk Sembuhkan Jerawat, Emang Bisa?
Ilustrasi wanita berjerawat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Kandungan sineol pada minyak kayu putih banyak yang mengatakan bisa untuk mengatasi jerawat.

Namun, apakah hal tersebut benar demikian?

Pengen Dapat Bantuan Modal Usaha Rp 2 Miliar? Baca Ini!

Dokter Sarah Rizqia dalam artikel yang tayang di situs Alodokter.com mengatakan sineol pada minyak kayu putih memang bisa bekerja sebagai antibakteri dan antiradang.

Dalam penelitian yang dipublikan dalam Journal of Food and Drug Analysis 2013 menyebutkan sineol pada minyak pohon teh ternyata bersifat antibakteri dan efektif membantu menyembuhkan jerawat. Sebagai informasi, minyak pohon teh masih satu keluarga dengan kayu putih.

Dampak Suami Istri Jarang Hubungan Intim, Nomor 4 Kok Ngeri ya?

"Pada dasarnya, penggunaan minyak kayu putih aman untuk kulit selama kulit tersebut tidak terluka dan tidak terbuka," kata Sarah dalam keterangan tertulisnya.

minyak kayu putih
Ilustrasi minyak kayu putih (Freepik).

Tetapi, Sarah Rizqia menjelaskan penggunaan minyak kayu putih untuk mengatasi jerawat masih perlu adanya penelitian lanjutan.

Penyedap Alami Pengganti MSG, Sudah Pernah Coba?

Mengatasi Jerawat dengan Makanan

Karena masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan minyak kayu putih untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggantinya dengan bahan alami lainnya berikut ini.

Tips Perawatan Wajah untuk Pria, Bukan Hanya Pakai Sabun Muka

1. Ikan Salmon

Ikan salmon minyak kayu putih untuk jerawat (freepik)
Ikan salmon (freepik)

Kandungan yang dimiliki ikan salmon dikenal baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang mengatakan makanan yang mengandung protein tinggi sangat membantu untuk meredakan jerawat.

Vitamin D dalam daging salmon memiliki sifat antimikroba yang berfungsi melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Dan juga memiliki sifat antiradang, sama seperti minyak kayu putih yang bisa untuk meredakan gejala jerawat.

Gampang Marah? Yuk Redam Emosi dengan 6 Cara Menyenangkan Ini

2. Pepaya

Pepaya (Thinkstock)

Buah satu ini tidak hanya untuk memperlancar pencernaan. Tetapi sangat baik untuk menghilangkan bakteri pada kulit wajah sehingga ampuh menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin A, C dan potasium bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah, lembut, serta mampu menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam.

Musik Bisa Menurunkan Berat Badan? Begini Caranya

3. Nasi merah

Ilustrasi nasi merah. (Pictagram)
Ilustrasi nasi merah. (Pictagram)

Jika minyak kayu putih masih meragukan untuk atasi jerawat, berbeda dengan nasi merah. Vitamin B yang dimiliki nasi merah ini dipercaya dapat mengurangi stres kulit dengan membantu kadar hormon dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya timbul jerawat.

Tes Kepribadian: dari 4 Perempuan Ini, Mana yang akan Kamu Jadikan Sahabat?

4. Cokelat Hitam

minyak kayu putih untuk jerawat
Ilustrasi cokelat. (Freepik)

Cokelat hitam atau dark chocolate ini ampuh menghilangkan jerawat. Cokelat ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat, merangsang sel-sel kulit dan membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Ternyata Pisang Bisa untuk Skincare, Gimana Cara Membuatnya?

Cara Membuat Masker Lidah Buaya yang Jadi Rahasia Awet Muda Yuni Shara

Tips Kecantikan Lainnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom