SOLOPOS.COM - Bunga telang. (suara.com)

Solopos.com, SUKOHARJO — Minuman Sate Buntel atau seduhan teh bunga telang yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas sehingga bisa menangkal virus termasuk Covid-19 ternyata cukup mudah cara membuatnya.

Tanaman bunganya gampang dijumpai di wilayah Soloraya. Berdasarkan sejumlah penelitian, seduhan teh bunga telang ternyata mengandung antioksidan kuat yang bisa meredam radikal bebas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kandungan tersebut sangat bermanfaat saat pandemi Covid-19 untuk memperkuat daya tahan tubuh. Berdasarkan informasi pada laman wikipedia, bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan.

Ngobrol Unik Pilkada Sukoharjo: Bawaslu Jateng Ingatkan Paslon Tak Boleh Pasang Iklan Kampanye Media Massa

Bunga yang dipakai untuk membuat minuman teh herbal Sate Buntel itu termasuk anggota suku polong-polongan. Tamana ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang atau ungu. Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue.

Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan.

3.550 Petugas Bakal Pelototi Kepatuhan Protokol Kesehatan Saat Pilkada Sukoharjo 2020

Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih. Di Indonesia bunga telang dimanfaatkan sebagai pewarna makanan, seperti tisane (teh herbal) dan nasi telang.

Air Mendidih

“Minuman Sate Buntel ini singkatan dari seduhan teh bunga telang. Seduhan bunga ini kalau dikonsumsi proporsional ternyata dapat meningkatkan imunitas kita,” ujar Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Inovasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional (Stikesnas), Wimpy, saat penyuluhan kesehatan di Balai Desa Gedangan Grogol, Sukoharjo, Selasa (17/11/2020).

Cara mengolah bunga telang menjadi Sate Buntel, menurut Wimpy, yakni dengan merebus bunga itu dalam air mendidih selama 15 menit. “Komposisinya lima bagian air dan satu bagian bunga telang. Untuk konsumsi dua gelas per pekan,” tuturnya.

KPU Solo Mulai Rakit Kotak Suara Pilkada 2020, Surat Suara Dikirim Akhir Pekan Ini

Wimpy menambahkan kalangan tenaga kesehatan mulai banyak yang mencari dan mengonsumsi teh bunga telang ini. Sebab mereka sudah mengetahui manfaat atau kandungan bunga telang untuk menaikkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Tapi untuk masyarakat umum, Wimpy menilai belum banyak yang mengetahui khasiat seduhan bunga itu. “Dengan penyuluhan ini, kami harapkan kader Posyandu Gedangan dapat membantu menyebarkan informasi ini kepada masyarakat,” harapnya.

Wimpy mengatakan seduhan bunga telang dapat menekan dampak buruk atau kondisi memburuk berbagai penyakit penyerta pasien Covid-19. Dengan begitu, ia melanjutkan minuman herbal ini bisa menekan risiko kematian pasien Covid-19.

Jadi Saksi Dugaan Pungli, PKL Bermobil Pasar Klewer Solo Ada Yang Ngaku Bayar Sampai Rp3 Juta

“Penelitian manfaat bunga telang sudah banyak dilakukan, di Indonesia maupun luar negeri,” imbuhnya.

Wimpy menjelaskan tanaman bunga telang untuk membuat minuman Sate Buntel sangat mudah ditemukan di sejumlah wilayah Soloraya seperti Grogol dan Baki. Tanaman itu cenderung tumbuh liar dan tidak memerlukan perlakuan khusus untuk bisa tumbuh dan berbunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya