SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Badan Kesehatan Dunia (WHO) menemukan fakta konsumsi di atas 15 liter alkohol murni per tahun memicu munculnya lebih 200 penyakit kronis di antaranya kanker dan sirosis hati.

Setiap tahunnya, berdasarkan riset WHO itu,  lebih 3,3 juta orang meninggal sebagai dampak konsumsi minuman beralkohol berlebihan. Juara menenggak alkohol sedunia adalah warga Belarusia (17,5 liter) dan Rusia (15,1 liter), biasanya berupa minuman keras vodka.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Riset ilmiah menepis asumsi yang sudah dianut beberapa dekade itu. Mitos konsumsi alkohol secara moderat, biasanya disebutkan minum satu atau dua gelas anggur sehari, bisa menjaga kesehatan jantung dan memperpanjang umur merupakan hasil penelitian lama yang dianggap bias.

Dalam riset terdahulu, tidak dibedakan antara bukan peminum dan bekas peminum yang menghentikan kebiasaannya. Simak infografis soal mitos dan fakta minum anggur ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya