SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan banyak orang. Namun, terkadang ada orang yang merasa tidak nyaman dengan lambungnya seusai minum kopi. Ada sebagian orang yang merasa ingin buang air besar setelah minum kopi. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Tahukah Anda apa penyebab perut bergejolak sehingga mendorong seseorang buang air besar setelah minum kopi? Dikutip dari Live Science, Jumat (4/1/2019), hasrat ingin buang air besar setelah minum kopi bisa dijelaskan secara ilmiah. Sejumlah hasil penelitian menyebut kopi memang memicu keinginan buang air besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sifat asam pada kopi berpengaruh pada kondisi lambung. Kopi mengandung clorogenic acid yang meningkatkan level asam lambung. Tingkat keasaman di perut membantu mengeluarkan kotoran lebih cepat. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin segera buang air besar setelah minum kopi.

Kopi juga mendorong munculnya reaksi gastrocolonic beberapa menit seusai dikonsumsi. Kopi membantu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut dan berguna untuk meningkatkan aktivitas usus besar. Gastrin berfungsi memicu usus besar mengolah makanan lebih cepat dengan gerak perostalsis.

Perostalsis merupakan gerak relaksasi dan kontraksi otot untuk mendorong kotoran lebih cepat menuju ke tempat pembuangan akhir. Jadi, wajar saja jika ada orang yang merasa mulas dan ingin buang air besar setelah minum kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya