SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil tes darah orang positif terinfeksi virus corona. (Reuters/Dado Ruvic)

Solopos.com, ANKARA — Kisah tragis dialami warga Turki yang berupaya mencegah persebaran virus corona (Covid-19). Puluhan orang mengonsumsi alkohol murni demi cegah tertular virus corona.

Bukan kesehatan yang mereka dapat, namun justru maut yang mereka hadapi. Dilaporkan Detik.com, Kamis (26/3/2020), 30 orang di Istanbul tewas setelah menenggak alkohol murni.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

India Lockdown, Orang Miskin Takut Mati Kelaparan

Sementara itu, 20 orang lain yang juga mengonsumsi alkohol demi cegah virus corona di rawat di rumah sakit.

Menurut pihak berwenang, sebagian besar dari mereka yang merupakan warga Turkmenistan mengoleskan etanol pada tubuh mereka sebelum meminumnya.

Otoritas juga menyebut korban yang dirawat di rumah sakit sedang dalam kondisi kritis. Kematian karena konsumsi alkohol murni menjadi masalah yang kerap dijumpai dengan pandemi Covid-19 yang semakin meningkat.

Beberapa Bahan Makanan ini Bisa Beracun Jika Tak Diolah dengan Tepat

Kebanyakan mereka salah mengartikan informasi tentang bagaimana alkohol men-cegah virus corona sehingga mengkonsumsi alkohol. Meskipun manusia dapat mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol hingga 50%, mengonsumsi alkohol murni dapat menyebabkan keracunan dan dapat berakibat fatal.

Naik Gunung Sejak Usia 9 Bulan, Bocah 13 Tahun Sudah Taklukan 31 Gunung

Di Iran, setidaknya 194 orang telah meninggal dan lebih dari 1.000 orang telah keracunan sejak 6 Maret karena konsumsi alkohol dengan cara salah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya