SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SRAGEN—Puluhan warga Dukuh Srimulyo, Desa Srimulyo, Karangmalang, Sragen, Jawa Tengah mendatangi Balaidesa Pelemgadung untuk menuntut transparansi pemberian bantuan sapi bagi 22 orang anggota Kelompok Tani Sejahtera, Senin (3/10). Mereka mempertanyakan pemberian bantuan yang berlebihan karena setiap anggota mendapat dua ekor sapi, sedangkan pengurus mendapat bantuan 5-7 ekor.

Kedatangan warga tersebut diterima Kepala Desa Pelemgadung, Sumardi, dan Kaur Ekonomi Pembangunan (Ekbang), Mardi, di balaidesa. Antara warga dan Kaur Ekbang sempat terjadi dialog yang panas. Beberapa orang warga sampai menggebrak meja karena merasa kesal dengan jawaban Kaur Ekbang yang tidak sesuai dengan keinginan warga. Warga menuntut kepada Kades Pelemgadung agar menghadirkan semua panitia pengadaan bantuan ternak untuk dimintai klarifikasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang perwakilan warga Srimulyo, Harno, 64, saat dijumpai wartawan menerangkan, bantuan ternak itu dinilai tidak adil, karena bagi anggota kelompok tani hanya menerima dua ekor sapi, tapi untuk pengurus sampai penasehat kelompok tani mendapatkan 5-7 ekor sapi. Proposal pengajuan bantuan itu, terangnya, ditandatangani Kades Pelemgadung. Tapi saat bantuan itu cair, lanjutnya, Kades pun tidak diberitahu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Masak bantuan sapi satu keluarga bisa mendapatkan 5-7 ekor sapi. Bagaimana sistem pembagian bantuan itu. Bantuan yang cair baru separuh, yakni Rp200 juta dan dibelikan sapi,” ujar Harno yang diamini sejumlah warga lainnya.

Kades Pelemgadung, Sumardi, pun tak bisa menjawab pertanyaan warga karena dia mengaku tidak mengetahui bantuan itu. Dia mengatakan proposal pengajuan bantuan itu memang tanda tangan Kades. Tapi dalam realisasi pencairan bantuan, kata Kades, tidak pernah ada laporan.

“Selama ini saya tidak tahu kapan bantuan itu cair. Dana dari pemerintah itu dibelikan apa, berapa jumlahnya pun saya juga tidak diberitahu. Oleh karenanya, saya akan memanggil para anggota panitia ke balaidesa bersama warga agar permasalahannya jelas,” tegas Kades.

Kaur Ekbang, Mardi, mengungkapkan pengajuan proposal itu atas inisiatif kelompok tani Sejahtera karena mereka yang mengajukan. Pencairan dana bantuan itu, terang dia, sekitar Agustus lalu dan langsung dibelikan sapi sebanyak 22 ekor untuk 22 anggota.(JIBI/SOLOPOS/trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya