Minta Liga Segera Bergulir, Jokowi Pantau Langsung...

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kemenpora untuk segera menjalankan Liga 1 2021 dengan izin kompetisi di masa pandemi Covid-19.

SOLOPOS.COM - Presiden Indonesia, Joko Widodo menendang bola sebagai simbol di mulainya Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Sabtu (4/2). Partai pembuka tersebut antara PSS Sleman dan Persipura yang berakhir dengan skor 0-0. (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

JAKARTA, Solopos.com — Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk segera menjalankan Liga 1 2021. Presiden Jokowi belakangan ini dinyatakan memantau langsung perkembangan sepak bola Indonesia kaitannya dengan izin pelaksanaan kompetisi Liga Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Menpora, Zainudin Amali, kepada wartawan, Kamis (18/2/2021). Menurut Zainudin, Presiden memberi perhatian terhadap kompetisi nasional yang belum kunjung digelar meski stakeholder terkait telah bertemu dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo 8 Februari 2021 lalu.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Jokowi menanyakan langsung situasi terkini liga sepak bola Indonesia kepada Menpora, Selasa (16/2/2021). “Ada pesan dari beliau supaya kompetisi dilakukan, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Menpora seperti dilansir Detik.com, Kamis.

Rencananya, Menpora Zainudin akan kembali menggelar rapat koordinasi terakhir bersama para pemilik klub Liga 1 dan Liga 2 serta pimpinan suporter tim sepak bola masing-masing secara virtual.

Didahului Uji Coba

Menpora bakal meminta komitmen dari suporter untuk memastikan tidak ada yang datang langsung ke stadion, menggelar nobar maupun membuat kerumunan. Sebelum liga bergulir pertengahan tahun 2021, PSSI akan menggelar turnamen pramusim yang digelar 20 Maret-25 April 2021 sebagai ajang uji coba serta pemanasan bagi klub.

Draf pembagian grup turnamen pramusim yang dinamai Piala Menpora pun sudah viral di media sosial. Dalam draf itu, Kota Solo masuk dalam dua skema penyelenggaraan turnamen.

Baca Juga: Terampil Bungkus Kado Bisa Jadi Peluang Bisnis

Skema pertama, Stadion Manahan akan menjadi tuan rumah Grup A yang beranggotakan Bali United, PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang, dan Persela Lamongan. Adapun skema kedua, grup yang dipusatkan di Solo bakal berisi Persija Jakarta, PSIS Semarang, Bhayangkara Solo FC, Tira Persikabo, Bali United (selengkapnya lihat tabel).

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, membenarkan draf pramusim yang beredar. Namun dia menyebut data itu masih dapat berubah sembari menunggu izin resmi kepolisian. “Itu adalah bahan diskusi kami dengan polisi. Mendapat rekomendasi atau tidak tergantung hasil analisa polisi.”

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terbaru

PSSI Minta Sepak Bola Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

Solopos.com, JAKARTA — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia meminta atlet cabang olahraga sepak bola menjadi prioritas vaksinasi Covid-19 tahap...

Dukung Protokol Kesehatan, Kongres Pasoepati Bakal Live Streaming

Solopos.com, SOLO — DPP Pasoepati bakal mengoptimalkan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan Kongres VIII yang akan digelar akhir Desember...

Jaga Imunitas, Old Crack Persiharjo Sukoharjo Pilih Reuni di Masa Pandemi

Solopos.com, SUKOHARJO — Para pemain Persiharjo Sukoharjo era 1990-an dan 2000-an membentuk Persiharjo All Star sebagai ajang reuni di...

Ini 3 Opsi Kelanjutan Kompetisi Sepak Bola Nasional di Masa Pandemi

Solopos.com, JAKARTA — PSSI menyiapkan tiga alternatif kelanjutan kompetisi sepak bola nasional menyikapi sikap kukuh kepolisian yang menolak menurunkan...

Ini 10 Poin Protokol Kesehatan yang Telah Dilakukan Persis Solo untuk Antisipasi Covid-19

Solopos.com, SOLO - Persis Solo telah menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularaan virus corona atau Covid-19. Protokol itu berupa...

Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Persis Solo Berharap Suporter Tak Berkerumun Saat Tonton Latihan

Solopos.com, SOLO — Persis Solo mulai mengubah sejumlah kebiasaan untuk beradaptasi di masa pandemi Covid-19. Protokol kesehatan berupa 3M...