SOLOPOS.COM - Salah satu taman cerdas di Solo. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Salah satu taman cerdas di Solo. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Pengadaan sarana dan prasarana teknologi informasi di sejumlah taman cerdas (TC) di Kota Solo dinilai masih minim. Bahkan tak jarang jaringan internet kerap ngadat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal ini berdasarkan hasil temuan tim Pemerintah Kota (Pemkot) Solo saat melakukan penilaian Taman Cerdas Gambirsari, Kecamatan Kadipiro, Selasa (6/11/2012). Tim yang digawangi Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) bersama dinas terkait menilai enam taman cerdas tersebar di Kelurahan Joyotakan, Pajang, Sumber, Kadipiro, Gandekan dan Mojosongo digelar dalam rangka lomba taman cerdas se-Kota Solo. Tim menyisir dan menilai kondisi taman cerdas yang ada.

Kabid Perlindungan Anak Bapermas Solo Rini Kusumandari mengatakan menemukan berbagai persoalan dalam pengelolaan taman cerdas. Di antaranya, minimnya jumlah sarana prasarana komputer yang disediakan di taman cerdas. Rata-rata, dia menyebutkan hanya terdapat empat unit komputer di masing-masing taman cerdas.

“Dari hasil keliling tadi, jumlah komputer yang ada sangat terbatas. Jadi banyak mereka yang datang sampai rela antre menunggu giliran,” katanya.

Selain itu, dia mengatakan masalah lain masih rendahnya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan taman cerdas. Warga hanya pasif dan menyerahkan pengelolaan langsung ke pengurus taman cerdas. Begitu pula masalah kebersihan, lanjut dia, juga masih ditemukan ada beberapa taman cerdas yang dinilai masih kurang. Namun secara menyeluruh animo masyarakat mengunjungi taman cerdas cukup tinggi. Dikatakanya, lomba taman cerdas baru kali pertama dilaksanakan pada tahun ini. Diharapkan ke depan agenda lomba taman cerdas bisa dilaksanakan rutin setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya