SOLOPOS.COM - Miniatur Masjid Raya Sheikh Zayed telah terpasang di kawasan Balai Kota Solo, Solo, Rabu (22/3/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Miniatur Masjid Raya Sheikh Zayed serta sejumlah ornamen Islami telah terpasang di kawasan Balai Kota Solo dan Jl. Jenderal Sudirman, Solo, Rabu (22/3/2023).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu, pagi, panggung serta miniatur masjid berkelir putih seperti Masjid Raya Sheikh Zayed telah terpasang di plaza Balai Kota Solo. Ada sejumlah orang memasang tenda-tenda putih di halaman parkir Balai Kota Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tenda itu nantinya menjadi lokasi pasar takjil yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo. Sebanyak 32 tenant bakal meramaikan lapak tersebut selama Ramadan 2023.

Gapura dengan tulisan Kampung Ramadan 2023 juga telah dipasang di persimpangan Jl. Jenderal Sudirman dengan Jl. Ronggowarsito, Solo. Gapura tampak belum rampung dipasang.

Gapura yang di persimpangan Jl. Jenderal Sudirman dengan Jl. Ronggowarsito, Solo itu menjadi gapura pertama yang dipasang untuk memeriahkan hari raya keagamaan. Biasanya gapura itu dipasang di dekat jembatan Jl. Jenderal Urip Sumoharjo.

Menara masjid juga sudah terpasang di median Jl. Jenderal Sudirman, Solo. Miniatur menara masjid itu berbeda-beda atau tidak ada yang kembar. Sling yang telah terpasang di atas jembatan Jl. Jenderal Urip Sumoharjo telah terpasang lampion putih bertema bulan sabit.

Sementara itu, di bundaran Gladag dan di Jl. Pakoe Buwono, Solo belum ada pemasangan ornamen maupun pernik-pernik islami.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Siti Khotimah, mengatakan Ramadan Light Festival kembali digelar untuk memeriahkan Ramadan 2023. Sepanjang Jl. Jenderal Sudirman, Solo sampai Tugu Jam Pasar Gede Solo akan berhias lampu islami.

Siti mengatakan hal yang berbeda Ramadan Light Festival 2023 dari tahun sebelumnya adalah ada menara masjid di sepanjang Jl. Jenderal Sudirman, kubah masjid di Tugu Jam Pasar Gede Solo, dan kubah masjid di bundaran Gladag. Ada ornamen bulan sabit di Jl. Pakoe Buwono, Solo.

“Panggung untuk hiburan berupa pentas hadrah dan hiburan islami di plaza Balai Kota Solo. Ada kegiatan pendukung Ramadan Light Festival berupa Kampung Ramadan  2023 di utara parkiran Balai Kota Solo,” kata dia kepada Solopos.com.

Dia mengatakan dinasnya mengundang Chef Arnold Poernomo untuk mengisi kegiatan buka bersama di Balai Kota Solo 25 Maret 2023. Dinasnya juga mengadakan lomba Tahfiz Al-Qur’an dengan hadiah utama umrah. Lomba itu digelar di Masjid Balai Kota Solo, Sabtu (25/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya